HETANEWS.COM

Bus AKAP Dilarang Masuk, AKDP Dibatasi

Penumpang di Terminal Tanjung Pinggir sehari sebelum perayaan Natal pada tanggal 24 Desember 2019. [foto:int]

Siantar, hetanews.com - Mengantisipasi penyebaran Covid 19, Bus Angkutan Kota Antar Provinsi [AKAP] dilarang masuk ke Kota Pematangsiantar saat situasi mudik Lebaran. Sementara Bus Angkutan Dalam Provinsi [AKDP] masih dibatasi.

"AKAP tidak bisa. Karena tidak diperbolehkan mudik. Kalau AKDP bisa. Bisa tapi hanya 50 persen diberikan," ucap Jumanter, Rabu (20/5/2020) kemarin.

Ia mencontohkan Bus AKAP yang dilarang masuk semisisal Bus ALS jurusan Jakarta dan Pekan Baru. Bus AKDP semisal Intra, Sentosa Sejahtera dan Paradep jurusan Medan- Pematangsiantar masih diperbolehkan masuk namun dibatasi.

Akibat pandemi, beberapa wilayah di Sumut sudah menutup akses masuk-keluar  suatu wilayah. Pengaruhnya pun berdampak kepada
BUS AKDP yang tak lagi beroperasi. Sehingga situasi pemudik menurun drastis.

"Hampir 20 persen saja [pemudik]. Karena rata rata angkutan tidak beroperasi lagi. Misalnya, Intra, Sejahtera, Sentosa itu sudah gak beroperasi seperti sebelumnya, paling satu satu saja," katanya menambahkan.

Korsatpel Terminal Tanjung Pinggir hanya memantau aktivitas mudik di wilayah terminal itu saja. Sementara di perbatatasan wilayah kabupaten kota sudah menjadi tanggung jawab Dinas kabupaten kota, Polantas dan Gugus Tugas Pengendalian Covid 19.

Humas Korsatpel, Jhon Liben, menambahakn pihaknya tetap melayani aktivitas arus mudik di terminal. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid dari wilayah zona merah, Bus AKAP yang masuk maupun keluar tak diberi izin.

"Kalau Bus yang mau berangkat ke Jakarta sudah kita tidak kasih izin. Sementara untuk Bus dalam provinsi sudah kita batasi. penumpang dikasih jarak [seat] dalam mobil," ungkapnya

Menurutnya, diluar wilayah provinsi Sumut juga sudah memberlakukan pembatasan wilayah mengantisipasi arus mudik. Liben mencontohkan di wilayah Padang Sumatera Barat dan beberapa wilayah lainnya. "Kalau ada Bus dari luar provinsi kita pulangkan,"kata Liben  

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan