HETANEWS.COM

Kepala Desa di Asahan Temukan Puluhan TKI Masuk via Pelabuhan Tikus

Puluhan TKI yang masuk via pelabuhan tikus di Desa Silo Baru, Kabupaten Asahan

Asahan, hetanews.com - Kepala Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Ahmad Sofyan, bersama warga menemukan 20 TKI yang diturunkan melalui pelabuhan tikus di kawasan tersebut, Selasa (19/5) sekitar pukul 20.30 WIB.

Di antara puluhan TKI itu terdapat seorang anak perempuan berusia empat tahun.

"Ada 20 orang yang kita temukan berjalan setelah mereka diturunkan oleh seorang tekong di pelabuhan tikus," kata Ahmad Sofyan yang dihubungi Analisadaily.com via seluler, Rabu (20/5).

TKI yang diduga tidak memiliki dokumen resmi tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Asahan, Tanjungbalai, Batubara. Bahkan ada juga yang berasal dari Aceh dan Pulau Jawa.

"Mereka kita perlakukan dengan baik termasuk dengan memberikan makan dan minum," ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi kesehatan mereka, Posko Covid-19 di Desa Silo Baru tetap melakukan pengecekan suhu tubuh sekaligus memastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah suhu mereka semua normal dan dalam keadaan sehat," ungkap Kades yang mengakui telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Asahan.

Setelah didata pihaknya langsung memfasilitasi transportasi ke Kota Kisaran untuk dilakukan pendataan sekaligus pemulangan mereka ke daerah masing-masing.

Hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Kepala Desa Silo Baru akan terus memantau masuk para TKI dari Malaysia mengingat banyak pelabuhan tikus yang ada di desanya.

"Bagi kami tidak masalah desa kami sebagai transit, namun kami juga harus perlu mengetahui kondisi kesehatan mereka agar masyarakat Desa Silo Baru terhindar dari wabah Covid-19," tukasnya.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.