HETANEWS.COM

Soal Pasien Positif Mengaku Tak Pernah Ditemui Dokter, dr Ronal: Kalau Ada Kekurangan Nanti Saya Perbaiki

Screen shoot video salah seorang pasien covid-19 yang mengeluh tidak pernah ditemui oleh dokter.

Siantar, hetanews.com - Beredar video salah seorang Pasien Positif Covid-19 di RSUD Djasamen Saragih mengaku tidak pernah ditemui oleh dokter selama dirinya berada di rumah sakit, sepertinya hal ini dibenarkan oleh dr Ronal, namun dirinya tidak mengatakan secara langsung.

Dihubungi wartawan melalui telepon selulernya, dr Ronal Saragih selaku Kadinkes Siantar Selasa (19/05/2020) terkait video tersebut menyebutkan jika itu adalah pasien positif tanpa gejala (OTG).

"Diakan pasien positif tanpa gejala, dia berkomunikasinya sama perawat kita, dan diapun dapat obatnya,makanya engga ngerti saya,"katanya.

Sebelum ditanya lebih jauh, dr Ronal langsung menyebutkan akan memperbaiki kekurangan yang ada.

"Kalau memang ada kekurangan nanti saya perbaiki lah,"ucapnya.

Namun wartawan juga langsung menanyakan kebenaran terkait video tersebut apakah benar dokter tidak ada yang memeriksa selama yang bersangkutan berada di rumah sakit?, Tetap dr Ronal enggan mengatakan secara langsung namun dia mengatakan tenaga medis tetap berkomunikasi dengan pasien.

"Yang jelas pasien itu positif covid-19 dari hasil Swab, dan dia berkomunikasinya dengan perawat kita, obat kita kasihnya, apa semuanya,"jelasnya.

Dijelaskan dr Ronal Pasien tersebut merupakan pasien OTG dan ditempatkan ditempat yang berbeda dengan pasien positif yang memiliki gejala.

"Diakan pasien tanpa keluhan, makanya tempatnya beda, dia bukan tempatnya di isolasi khusus, kamarnya itu satu orang satu kamar,"

Lanjut dr Ronal, pihaknya selalu menginstruksikan agar pasien tetap membawa alat komunikasi agar dapat berhubungan dengan tenaga medis.

"Makanya selalu dibilang bawa HP, adanya Narahubungnya kan, adanya nomor pegawai kita yang bisa mereka hubungi disitu,"

Sebut dr Ronal lagi bagi pasien yang tanpa gejala, isolasinya hampir sama dengan isolasi Mandiri di rumah.

"serupanya itu sama isolasi Mandiri dirumah, hanya untuk meminimalisir kontak dengan orang lain,"sebutnya.

Ditanya obat apa yang diberikan?, Apakah ada obat untuk meningkatkan imunitas tubuh seperti vitamin yang diberikan?, Sekali lagi dr Ronal menyebutkan jika segala kekurangan akan mereka perbaiki.

"Kalau mereka mengeluh sakit perut atau apa kita kasih obat, memang kalau itu (obat untuk meningkatkan imunitas) belum terpikirkan kita, nanti segala kekurangan akan kita perbaiki,"sebutnya.

Penulis: tom. Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!