HETANEWS

Total 10 Orang Positif Covid – 19, JR Saragih Nyatakan Simalungun Zona Merah

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Diases (Covid-19) Kabupaten Simalungun, JR Saragih saat memberikan keterangan. (foto/hen)

Simalungun, hetanews.com- Jumlah pasien yang positif  terpapar virus corona (Covid-19), di Kabupaten Simalungun, mencapai 10 orang dan satu diantaranya dinyatakan sembuh, beberapa waktu lalu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun, Dr. JR Saragih menyampaikan, bertambahnya jumlah warga positif Covid-19 tersebut, berdasarkan hasil swab.

JR yang didampingi Sekretaris Daerah, Mixnon Andreas Simamora, Plt Kadis Kesehatan, dr Lidya Saragih, dan Humas, Akmal H Siregar, saat di Media Center Jalan Asahan, kembali mengatakan, dengan bertambahnya jumlah pasien positif hasil swab, maka Kabupaten Simalungun sudah zona merah.

"Oleh karenanya, saya sudah sampaikan kepada Kadis Kesehatan, TNI, Polri agar memperketat daerah perbatasan dan memeriksa seluruh kendaraan yang masuk ke Simalungun. Termasuk, melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid test kepada para penumpangnya,"ujar JR Saragih, Selasa (19/5/2020). 

Dia juga menghimbau seluruh masyarakat untuk sementara tahan diri, jangan dulu pergi ke tempat keramaian, maupun  berkunjung ke kabupaten lain, untuk bertemu dengan sanak keluarga yang berada di kampung halaman.

Ditambahkan Humas Gugus Tugas Covid-19, Akmal H Siregar, bahwa ada penambahan 1 pasien positif Covid-19 hasil swab, yakni, warga Namorambe, Kabupaten Deliserdang. Sehingga total keseluruhan terdapat sebanyak 5 pasien yang positif terpapar Covid-19, katanya.

Adapun keterangan singkat dari kelima pasien tersebut, yakni dari Kecamatan Raya Kahean, sebanyak 1 orang berinisial S, di Kecamatan Purba 1 orang berinisial ND, Kecamatan Siantar sebanyak 2 orang, berinisial MR dan DPS, dan di Kecamatan Dolok Batu Nanggar 1 orang berinisial BS.

Masih menurut Humas, bahwa pasien asal Delitua, berinisial BS tersebut, sudah 2 bulan tinggal di rumah keluarganya, di Dolok Batu Nanggar.

Selanjutnya pada tanggal 29 April lalu, BS sudah masuk sebagai pasien dalam pengawasan dan dirawat di RSUD Perdagangan. Sehingga ke 5 warga yang positif Covid-19 hasil swab, 3 orang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Rondahaim Saragih dan 2 lagi di RSUD Perdagangan, ujarnya.

Penulis: hen. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.