HETANEWS

Hanya Beberapa Anggota DPRD Deliserdang yang Ikut Rapid Test

Rapid test digelar Dinkes Deli Serdang. Foto: Tribun Medan

Deliserdang, hetanews.com - Kegiatan pemeriksaan rapid test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan terhadap anggota DPRD Deliserdang kurang diminati oleh dewan, Selasa, (19/5/2020).

Meskipun pihak Sekretariat DPRD telah menerapkan protokol kesehatan dengan menyusun kursi di ruang pemeriksaan berjarak dan menyediakan handsanitizer namun banyak dewan yang belum berminat.

Dari pukul 09.00 dimulainya kegiatan setelah satu jam baru satu orang dewan yang hadir untuk memeriksakan diri yakni Abdul Rahman.

Politisi Partai Golkar ini menjadi orang yang pertama memeriksakan diri.

Ia sudah sampai di kantor DPRD tepat pukul 09.00 WIB. Selanjutnya ia pun masuk ke ruang pemeriksaan.

" Memang saat ini kita pun jadwalnya kebetulan sedang reses. Tapi kalau saya reses nya sore hari saja lah. Kemarin sudah saya buat reses di Kampung saya di Desa Kelambir V, dan nanti sore mau buat reses lagi di Desa Payabakung,"ujar Abdul Rahman.

Antusias yang begitu tinggi malah terlihat dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Sekretariat DPRD. Mereka datang satu persatu ke ruangan pemeriksaan tanpa lagi harus disuruh. Saat itu mereka langsung menempati kursi kosong yang ada di ruangan.

Sekretaris Dewan, Rahmad sempat memberikan klarifikasi terkait jadwal pemeriksaan rapid test yang bersamaan dengan jadwal reses DPRD Deliserdang tahap II.

Ia membenarkan permintaan untuk pelaksanaan rapid adalah permintaan Sekretariat kepada Dinas Kesehatan.

Alasannya, dewan perlu juga dilakukan rapid test karena selama ini aktivitasnya juga cukup banyak dan banyak bertemu dengan banyak orang.

"Ia memang permintaan Sekretariat. Dengan situasi yang berkembang saat ini DPRD kan banyak menerima tamu yang mungkin menyampaikan aspirasi. Perlu juga kita sterilkan lah demi untuk menjaga DPRD juga. Kalau hari ini tidak bisa hadir ya nanti mereka kita rujuk ke Puskesmas di daerahnya masing-masing sepanjang alatnya ada,"kata Rahmad.

Mantan Kadis Pariwisata Deliserdang ini menyebut ada 83 alat rapid test yang disediakan oleh Dinas Kesehatan.

Rinciannya 50 alat untuk anggota DPRD dan 33 untuk ASN di Sekretariat DPRD.

Mengenai jadwal reses dewan Rahmad menyebut telah diagendakan jadwalnya mulai dari tanggal 18 hingga 20 Mei dan kembali dilanjutkan pada tanggal 18 hingga 30 Mei.

Pantauan hingga pukul 10.30 WIB sudah ada beberapa dewan yang datang seperti Wakil Ketua DPRD Nusantara Tarigan, Berngap Sembiring, Ismayadi, Gambo Tarigan dan Misnan Al Jawi.

sumber: tribun-medan.com

Editor: bt.