HETANEWS

6 Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan

Ilustrasi duri ikan. Foto: Shutterstock

Hetanews.com - Ikan merupakan salah satu lauk favorit bagi sebagian besar orang. Selain enak disantap dan mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan, ikan juga menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh.

Akan tetapi, berhati-hatilah saat sedang menyantap ikan. Salah-salah, tulang ikan dapat tersangkut di tenggorokan. Tentu hal ini sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan? Tulang ikan umumnya berukuran kecil dan tajam. Ketika seseorang tak sengaja menelannya, ia akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah.

Namun, pada beberapa orang, duri ikan justru tersangkut di tenggorokan. Selain merasa tidak nyaman, ada beberapa tanda atau gejala yang mungkin muncul saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan, di antaranya:

Batuk

Sakit saat menelan

Kesulitan menelan

Air liur berdarah

Sensasi rasa menggelitik di tenggorokan

Sensasi rasa tajam yang menancap di tenggorokan

Cara menghilangkan duri di tenggorokan

Berikut adalah cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan:

1. Batuk yang kencang

Cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan yang utama adalah batuk. Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

2. Minum air garam

Jika dengan batuk duri ikan tak kunjung hilang, kamu dapat minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam. Apabila tulang ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

3. Menelan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pelumas alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Cobalah untuk menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung, atau mencampurkannya terlebih dulu dengan air hangat.

4. Menelan marshmallow

Kamu dapat menelan marshmallow sebagai cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Kemudian, kunyah marshmallow, tetapi jangan sampai halus atau biarkan sedikit kasar, lalu telan.

Tekstur marshmallow yang tebal dan kenyal akan berubah menjadi lengket apabila terkena air liur. Hal inilah yang memungkinkan tulang ikan menempel pada marshmallow sehingga akan luruh menuju saluran pencernaan.

5. Makan buah pisang

Selain marshmallow, Akamu bisa makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup lembap akibat tercampur dengan air liur, telan pisang tersebut secara perlahan. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan nasi. Kunyahlah sekepal nasi, lalu telan secara bersamaan. 

6. Menelan roti dan air

Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga menjadi cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Metode ini memungkinkan duri ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

Kapan harus ke dokter?

Jika berbagai upaya untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan tidak berhasil, sebaiknya segera cari pertolongan medis. Pasalnya, tulang ikan yang menempel terus di kerongkongan dapat menyebabkan sejumlah risiko komplikasi, seperti merobek kerongkongan.

Pada beberapa kasus, hal tersebut juga dapat mengancam nyawa. Apabila mengalami beberapa tanda atau gejala seperti di bawah ini, segera konsultasikan dengan dokter:

Demam

Tidak dapat menelan makanan atau minuman

Terjadi memar atau pembengkakan

Air liur muncul berlebihan

Nyeri di dada atau perut

Selanjutnya, dokter biasanya akan melakukan beberapa prosedur pemeriksaan sebagai berikut:

Melakukan foto rontgen dan menyuruh pasien menelan cairan berbasis barium.

Prosedur lain yang mungkin dilakukan adalah laringoskopi untuk melihat bagian belakang tenggorokan.

Pada kasus yang lebih parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan CT scan dan endoskopi guna melihat tingkat kerusakan tenggorokan atau saluran pencernaan akibat menelan tulang ikan.

Ketika lokasi duri ikan sudah diketahui, dokter akan menggunakan pinset atau forsep untuk menghilangkan tulang ikan. Jika forsep tidak berhasil mengambil duri ikan, maka dokter mungkin beralih melakukan prosedur endoskopi untuk mengangkat tulang ikan.

Pada kasus yang jarang terjadi, tindakan pembedahan mungkin dapat dilakukan. Setelah tulang ikan berhasil diambil, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat-obatan. Kendati demikian, pemberian obat-obatan tergantung pada tingkat keparahan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.
Komentar 2
  • Khairullah Pohan
    Cr yg prnh sy praktekkan ialah, silangkan tangan raih kuping kanan pakai tangan kiri dan kuping kiri raih dgn tgn kanan, kaku mnjinjit secara beringan lantas segera minum air putih mlalui bantuan org lain, atau sebsliknya posisi kaki tetap jinjit, minta tolong kepd teman untuk menarik ujung atas kedua kuping sekaligus kita minum air mudah2an berhasil.Cara spt ini dah selalu saya beritahu kpd org yg mngalami masalah tsb...100% berhasil....
  • tom
    efektif kah cara itu ?