HETANEWS

Hasil Swab PCR 48 Tenaga Medis Taput Negatif Covid-19

dr Aris Yudhariansyah

Medan, hetanews.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah mengatakan 48 tenaga medis di Kabupaten Tapanuli Utara yang sebelumnya terindikasi terjangkit covid-19 telah dilakukan uji swab PCR.

Hasilnya kata dr Aris, seluruh tenaga medis di Taput tersebut dinyatakan negatif covid-19.

"Saat ini hasil pemeriksaan 48 tenaga medis di Tapanuli Utara yang pada pemeriksaan rapid tes reaktif, berdasarkan hasil pemeriksaan swab-nya alhamdulillah semuanya dinyatakan negatif covid-19," ucapnya, Kamis (14/5/2020) sore.

Dr Aris mengatakan, hasil pemeriksaan uji swab PCR para tenaga medis yang telah selesai lebih dulu telah disampaikan pada pihak gugus tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tapanuli Utara.

Dengan hasil pemeriksaan seluruhnya negatif maka dengan demikian bahwa saat ini dari 48 tenaga medis tersebut tidak ada yang positif covid.

Sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara memang memastikan 48 orang tenaga medis di Tapanuli Utara akan menjalani uji swab dengan metode reaksi berantai polimerase atau yang dikenal sebagai PCR (polimerase chain reaction).

Hal ini dikarenakan para tenaga medis itu dinyatakan positif COVID-19 lewat metode rapid test.

Penyebabnya, mereka diduga terpapar dari salah satu pasien yang dinyatakan positif.

Pasien tersebut diduga tidak terbuka dengan para tenaga medis. Sehingga membuat para tenaga medis tidak tahu dan melakuakn kontak dalam proses penanganan.

“Yang rapid test positif tersebut dikarantina selama 14 hari. Dilanjutkan dengan pengambilan swab yang diperiksakan di lab PCR USU,” katanya.



sumber: Tribun-Medan.com

Editor: bt.