HETANEWS.COM

Rossi Gabung Petronas Yamaha Bukan Aib

Valentino Rossi ketika memperkuat Nastro Azzuro Honda.

Spanyol, hetanews.com - Peluang Valentino Rossi gabung Petronas Yamaha di MotoGP 2021 cukup besar. Bergabung Petronas Yamaha yang berstatus sebagai tim satelit Yamaha bukan sebuah aib bagi The Doctor.

Rossi memulai karier di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP) pada 2000 memperkuat tim satelit Honda bernama Nastro Azzuro Honda. Bahkan Rossi merebut gelar juara dunia 500cc/MotoGP pertamanya bersama tim satelit tersebut.

Pada musim 2000, Honda mempromosikan Rossi ke kelas 500cc. Namun, ketika itu Honda sudah memiliki tiga pebalap di tim pabrikan Repsol Honda: Alex Criville, Sete Gibernau, Tadayuki Okada.

Tidak mau kehilangan peluang mendapatkan Rossi, Honda kemudian membentuk tim satelit Nastro Azzuro Honda. Meski memperkuat tim dengan status sebagai tim satelit, Rossi mendapat sepeda motor dan fasilitas yang sama dengan pabrikan.

Ketika itu Rossi bekerja sama dengan Mick Doohan sebagai mentor dan Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik. Meski gagal merebut gelar juara dunia 500cc, Rossi menjadi pebalap Honda terbaik pada musim 2000 dengan finis di posisi kedua di belakang Kenny Roberts Jr. yang menjadi juara dunia.

Pada 500cc musim 2001, Rossi sukses menjadi juara dunia bersama Nastro Azzuro Honda mengalahkan Max Biaggi yang memperkuat Yamaha. Rossi meraih 13 finis podium termasuk 11 kemenangan.

Kembali memperkuat tim satelit Petronas Yamaha bukan aib atau hal memalukan bagi Rossi, yang berstatus salah satu pebalap terbaik dalam sejarah MotoGP. Terlebih pihak Yamaha sudah memastikan akan memberi Rossi sepeda motor dan fasilitas pabrikan jika tampil di MotoGP 2021 bersama Petronas Yamaha.

Rossi diklaim akan bergabung dengan Petronas Yamaha setelah posisinya di tim pabrikan digeser Fabio Quartararo. The Doctor berpeluang menjadi rekan setim Franco Morbidelli yang merupakan mantan anak didiknya di VR46 Academy.

Rossi sendiri dikabarkan sudah memulai pembicaraan dengan Petronas Yamaha. Sementara itu CEO Petronas Yamaha Razlan Razali mengatakan keputusan pebalap baru, termasuk rumor Rossi, akan dipastikan dalam beberapa bulan ke depan.

"Valentino Rossi jelas sebuah opsi, tapi saat ini saya tidak bisa menjawab apapun. Hal itu harus kami putuskan pada Juli atau Agustus 2020," ucap Razali. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.