HETANEWS.COM

Sejak Covid-19, Penghasilan Pedagang Ayam Ini Menurun Drastis

Ucok pedagang ayam kampung di Pasar Horas Pematangsiantar. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah, sejak mewabahnya virus corona, mengakibatkan perekenomian masyarakat semakin sulit. Perputaran roda ekonomi sangat sulit dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Pedagang juga mengalami hal yang sama, karena daya beli konsumen menurun drastis.

Seperti diakui Ucok Sitorus Pane yang kesehariannya sebagai pedagang ayam kampung, di Pasar Horas Pematangsiantar. Ucok sudah puluhan tahun membuka usaha ayam kampong, di Gedung IV Pasar Horas.

Ketika ditanya Hetanews, Minggu (10/5/2020), dirinya mengaku, jika penghasilannya menurun drastis. "Biasanya bisa menghasilkan Rp1 juta, sekarang hanya Rp300 ribu saja. Itupun disyukuri juga, yang penting sehatlah,"katanya sambil tersenyum lirih.

Biasanya di bulan ramadhan seperti ini, penghasilannya semakin meningkat, karena banyak masyarakat yang datang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka puasa. Tapi sejak mewabahnya Covid-19, pasar pun sepi pengunjung.

Ada rasa takut atau was - was di masyarakat, saat  berbelanja ke pasar. Apalagi pemerintah sudah membatasi gerak sosial, dilarang keluar rumah jika tidak ada kebutuhan yang urgent.

Semua harus melakukan social distancing dan juga pysical distancing, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Akibatnya, pasar tradisional dan juga swalayan mulai sepi pengunjung.

Ucok berharap, pemerintah juga memperhatikan mereka, para pedagang yang terdampak Covid-19. Juga berharap agar wabah ini cepat berakhir, sehingga kegiatan perekonomian dapat segera pulih, seperti sedia kala.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!