HETANEWS.COM

Data Positif Covid-19 Di Provinsi 7 Positif Untuk Siantar Sedangkan Data Covid-19 Di Siantar Hanya 3, Kok Beda?

(Kiri) Update Data dari Gugus Tugas Pemko Siantar, (Kanan) Screenshoot Update data dari Website Covid-19 Provinsi Sumut.

Siantar, hetanews.com - Ada perbedaan yang disampaikan oleh dua instansi pemerintahan di Sumatra Utara terkait perkembangan penyebaran Pendemi Covid-19 dalam website resmi Covid-19 Provinsi tercatat ada 7 orang positif di Kota Siantar, padahal dalam data Tim Gugus Pemko Siantar ada 3 orang Positif di Siantar, loh kok beda?.

Berdasarkan keterangan dari Jubir Covid-19 Pemko Siantar Daniel Siregar dia menjelaskan istilah yang dipakai dalam website resmi Covid-19 Provinsi tersebut.

"Kan dituliskan disitu Positif RT-PCR, kalau RT itu hasil Rapid Test, dan kalau PCR itu hasil Swab," katanya.

Sehingga, kata Daniel, berdasarkan data yang dipunya oleh Tim Gugus Pemko Siantar jumlah yang positif di Siantar 6 berdasarkan hasil Swab dan Rapid Test benar ada 7 orang.

"Benar ada 7 orang, 6 orang dari hasil swab, dan 1 orang positif dari hasil Rapid Test," katanya.

Masih kata Daniel,  dari 6 orang tersebut ada 3 orang yang sebelumnya positif sudah dinyatakan sembuh.

"nah dari 6 orang itu ada 3 yang sembuh, yang 1 orang ASN itu dan 2 orang yang dijalan Farel, jadi tinggal 3 orang positif yaitu di 1 di Gang Demak dan 2 di Jalan Palangkaraya, serta 1 orang di Gang Demak reaktif hasil rapid test," ucapnya.

Lanjutnya, imengapa dalam laporan Tim Gugus Tugas Pemko Siantar 3 orang positif di Sinatar, 3 oarng PDP dan 108 orang ODP, 3 orang OTG, 12 orang Negatif,  3 orang sembuh, 0 orang meninggal, dan 1558 orang selesai di Pantau.

"Kenapa 3 orang Positif kita buat, karena yang reaktif hasil rapid test kita masukkan kedalam OTG (Orang Tanpa Gejala) sambil menunggu hasil swabnya," jelasnya.

Ditanya terkait data dari Website Covid-19 Provinsi Sumut tersebut, Daniel enggan berkomentar banyak, dia mengaku tidak mengetahui bagaimana sistem pendataan di Provinsi.

"Kalau soal Provinsi aku engga tau sistem mereka, tapi kalau di Siantar begitulah sistem kami," ucapnya.

Penulis: tom. Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan