HETANEWS.COM

Loyalis Hanafi Rais Ikut Mundur dari PAN

Hanafi Rais mundur dari PAN dan DPR.

Jakarta, hetanews.com - Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas membenarkan pengunduran diri Hanafi Rais dari kepengurusan partai dan anggota DPR. Dia pun menyatakan akan mengikuti jejak putra Amien Rais itu untuk mundur dari kepengurusan PAN.

Langkah pengunduran diri Hanafi itu diketahui dari salinan surat yang diketik dan ditandatangani oleh Hanafi di atas materai Rp6.000 pada Selasa (5/5).

"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat," kata Asri, Selasa (5/5).

Dalam surat tersebut, Hanafi menyatakan mundur dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, Ketua Fraksi PAN DPR RI, serta anggota DPR RI 2019-2024.

Hanafi pun menyampaikan, pengunduran diri itu diambil setelah menilai bahwa PAN melewatkan momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Dia berkata kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik bukan sikap yang adil di saat banyak kader serta simpatisan menaruh harapan agar PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

"Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua," tulis Hanafi dalam suratnya.

Asri sendiri juga mengaku akan mengundurkan diri dari Ketua DPW PAN Sulbar pada hari ini.

Dia pun menyampaikan bahwa Amien Rais telah meminta sejumlah kader PAN untuk menggelar rapat lewat video conference pada hari ini.

"Kami diminta rapat Zoom dengan Amien Rais. Saya juga mau mengajukan pengunduran diri juga," kata Asri.

Meski begitu, dua pengurus DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay dan Yahdil Harahap mengaku belum mengetahui seputar pengunduran diri Hanafi.

Saleh meminta agar informasi tersebut dicek langsung ke Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno.

"Tolong dicek ke Ketum atau Sekjen ya. Saya belum dapat info," kata Saleh.

Sementara itu, Yahdil menambahkan bahwa surat pengunduran diri Hanafi itu baru beredar di media dan media sosial. Menurutnya, Hanafi belum pernah mengajukan pengunduran diri ke DPP PAN secara resmi.

"Baru beredar di media dan di medsos, secara resmi setahu saya belum pernah disampaikan ke DPP PAN," ungkapnya.

Untuk diketahui, DPP PAN tengah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada hari ini secara daring.

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan forum tersebut akan membahas mengenai pelbagai isu nasional yang strategis dan santer dibicarakan belakangan ini.

Isu itu diantaranya terkait Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan terkait Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

"Kita buat pandangan PAN resmi terkait isu-isu yang penting agar masyarakat tahu posisi politik PAN terkait isu-isu penting tersebut bagaimana," kata Eddy dalam keterangan resmi, Minggu (3/5).

sumber: detik.com

Editor: sella.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!