HETANEWS.COM

Indonesia Segera Produksi 1.000 Ventilator, Penuhi Kebutuhan RS

Tim peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menguji coba mesin pompa udara (ventilator) di Gedung Pusat Robotika ITS, Surabaya, Jawa Timur.

Jakarta, hetanews.com - Kebutuhan ventilator atau alat bantu pernapasan untuk menangani pasien corona terus meningkat seiring penambahan pasien positif tiap harinya.

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, mengatakan sejauh ini Kemenkes membutuhkan 1.000 ventilator. Bambang menyebut ventilator yang dibutuhkan berbasis Continuous Positive Airway Pressure (CPAP).

Ventilator CPAP biasanya digunakan untuk pasien dengan gangguan sleep apnea atau kondisi di mana pernapasan berhenti saat tidur.

"Informasi terakhir dari Kemenkes dibutuhkan 1.000 unit dari CPAP," ucap Bambang dalam raker gabungan DPR di Jakarta, Selasa (5/5).

Bambang menyatakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berbagai pihak di dalam negeri segera memproduksi ventilator pada pekan depan.

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.

Ia menyebut saat ini pihaknya sudah menerima 28 usulan pembuatan ventilator. Dari 28 usulan itu, kata Bambang, 4 di antaranya sudah lulus uji alat dan tengah dilakukan uji klinis. Empat prototype ventilator tersebut di antaranya buatan UI dan ITB.

"Meskipun yang sekarang dikembangkan belum menyentuh kebutuhan untuk ICU, ke depan kami akan terus melakukan upaya penelitian. Sehingga Indonesia bisa memproduksi ventilator untuk ICU," ucapnya.

Bambang melanjutkan selain siap memproduksi ventilator, pihaknya juga tengah mengembangkan Powered Air Purifying Respirator.

"Saat ini sedang pengujian dengan 10 prototype yang sudah siap," tutupnya.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!