HETANEWS.COM

Terbaru Covid-19 di Sumut, PDP Dirawat Jadi 160 Orang, Positif 117

Mayor Kes Whiko. Foto; ist

Sumut, hetanews.com - Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) terkait covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara, yang diumumkan hari ini, Jumat (1/5/2020) kembali mengalami peningkatan.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Mayor Kes. dr Whiko Irwan memaparkan ada penambahan 14 orang PDP per hari ini dari sebelumnya berjumlah 146 orang.

"Perkembangan terakhir yang berhasil direkap hari ini, Jumat (1/5/2020) pukul 16.00 WIB, jumlah PDP yang sedang dirawat sebanyak 160 orang. Yang terbanyak dirawat di Kota Medan berjumlah 102 orang, Deliserdang 19 orang," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Pemprov Sumut, Jumat (1/5/2020) sore.

Mayor Whiko juga memaparkan, untuk jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 hasil swab PCR jumlahnya tetap 117 orang dan tidak mengalami peningkatan per hari ini.

"87 di antaranya berada di kota Medan, kemudian nomor dua Deliserdang sebanyak 12 orang dan kabupaten Asahan 4 orang covid-19 positif," ucapnya.

Sementara itu, Whiko mengatakan, untuk jumlah pasien positif yang meninggal sampai saat ini ada sebanyak 13 orang.

Sembilan orang di antaranya berasal dari Kota Medan, 3 orang dari Deliserdang, dan 1 orang dari Asahan.

"Sedangkan penderita positif yang berhasil sembuh sebanyak 41 orang. Yang terbanyak di kota Medan 30 orang, Deliserdang tiga orang," ujarnya.

Lebih lanjut, Whiko yang mewakili GTPP Covid-19 Sumut juga tak bosannya mengingatkan agar masyarakat tetap penerapan physical distancing dan menggunakan masker jika harus keluar rumah.

Selain itu gugus tugas juga terus mengimbau warga masyarakat untuk mematuhi arahan dari pemerintah untuk menjaga jarak, tetap di rumah, bekerja dari rumah dan beribadah sementara dari rumah.

"Selalu gunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Serta selalu menjaga jarak antar sesama kita sekitar dua meter dan menghindari keramaian atau perkumpulan orang banyak," ujarnya.

Kasus Corona di Seluruh Indonesia

Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia per Jumat (1/5/2020) ini, bertambah 433.

Dengan demikian, total pasien yang terjangkit virus corona, yakni 10.551. "Konfirmasi positif 10.551," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat sore.

"Terdiri dari laki-laki 58 persen, wanita 42 persen. Artinya lebih banyak yang laki-laki terjangkit Covid-19," lanjut dia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 800 meninggal dunia.

Sementara, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh, yakni sebanyak 1.591.

Yuri menegaskan bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat.

Oleh sebab itu, pemerintah tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tetap beraktivitas dari rumah masing-masing.

"Tetap berada di rumah, menjadi kunci yang penting," ujar Yuri.

Sekalipun keluar rumah, dihiarapkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak fisik dengan orang lain, mencuci tangan setelah beraktivitas dan melakukan olahraga teratur.




sumber: tribun-medan.com

Penulis: tim. Editor: bt.