HETANEWS.COM

Usulan Pemberhentian Hefriansyah Ditolak MA, DPRD Belum Terima Salinan

Walikota Hefriansyah

Siantar, hetanews.com - Mahkamah Agung Republik Indonesia atau MA RI menolak usulan pemberhentian Walikota Heriansyah oleh Anggota DPRD Pematangsiantar. Anggota DPRD belum menerima salinan putusan dari MA. 

Usulan pemberhentian Walikota Hefriansyah bergulir saat anggota DPRD membentuk Pansus Hak Angket Februari 2020, lalu. Hasil penyelidikan pansus ditindaklanjuti dengan melaporkan Hefriansyah atas dugaan penyalahgunaan wewenang ke MA pada Jumat 6 Maret 2020.

Dilihat dari informasi perkara MA, pemohon Rini Silalahi dan anggota DPRD Pematangsiantar. Sementara Walikota Hefriansyah sebagai termohon. 

Dalam amar putusan tertanggal 16 Maret 2020, Majelis Hakim Irfan Fachrudin, Yosran dan Yulius memutuskan menolak permohonan. 

Eks Ketua Panitia Pansus Hak Angket DPRD, Rini Silalahi, yang dikonfirmasi pada Kamis 30 April 2020 malam, belum memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. 

Esoknya, Jumat (1/5/2020) Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga, ditemui terpisah angkat bicara. Timbul mengatakan menghargai keputusan MA. Meski begitu, hingga hari ini DPRD belum menerima salinan putusan MA.

"Belum [Salinan MA] ya kita hargai apa keputusan MA," ujar Timbul, ditemui di Kelurahan Naga Pitu usai membagikan Sembako. 

Ditempat yang sama, Ferry Sinamo, eks Wakil Ketua Pansus Hak Angket, berpendapat senada. Menurut Ferry salinan putusan belum diterima oleh DPRD. 

"Iya itu kewenangan pimpinan lah menjawab itu. Seperti yang dikatakan tadi salinan belum diterima," imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Hukum dan Humas MA Dr Abdullah menyampaikan semuanya sesuai apa yang di-posting di situs resmi MA, www.mahkamahagung.go.id.

"Kalau di situs seperti itu, ya itu sudah valid. Tinggal alasan-alasan Majelis Hakim menolak baru dimuat di salinan resmi putusannya yang akan kita antar ke pihak berperkara," ujar Abdullah dihubungi wartawan dari Pematangsiantar.

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!