HETANEWS.COM

Fosil Dinosaurus Pertama yang Hidup di Air Ditemukan, Ini Wujudnya

Ilustrasi Spinosaurus aegyptiacus, spesies dinosaurus berenang. (Nature)

Hetanews.com - Meski gambar-gambar seringkali menunjukkan ada dinosaurus berleher panjang yang mengarungi rawa-rawa, namun para ilmuwan sebenarnya telah lama berpendapat jika hewan purba hanya hidup di darat dan tidak ada jenis yang berenang.

Sebuah temuan fosil ekor raksasa menunjukkan, jika memang ada dinosaurus yang hidup di air dan menjadikannya bukti pertama di dunia paleontologi.

Fosil tersebut merupakan Spinosaurus aegyptiacus, predator bergigi tajam yang menakutkan. Spinosaurus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, memiliki ekor lebar seperti dayung layaknya ekor buaya.

"Penemuan ini benar-benar membuka mata kita mengenai dinosaurus yang benar-benar merupakan narasi baru," kata ahli paleontologi Nizar Ibrahim dari University of Detroit Mercy seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (30/4/2020).

Fosil Spinosaurus sendiri ditemukan di endapan batuan Cretaceous di Gurun Sahara, Maroko timur. Fosil dinosaurus air tersebut diperkirakan berusia antara 90 hingga 100 juta tahun.

Penemuan Spinosaurus aegyptiacus, dinosaurus pertama hidup di air. (Nature)

Penemuan ekor Spinosaurus ini memperluas perspektif tentang satu-satunya kerangka spesies yang pernah ada di dunia. Sebab, bukti kerangka dinosaurus lainnya, beberapa telah hancur dalam Perang Dunia II.

"Dinosaurus ini memiliki ekor dengan bentuk yang tak terduga dan unik, terdiri dari tonjolan duri yang tinggi berbentuk chevron, membentuk organ seperti sirip fleksibel," kata peneliti dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Nature, Rabu (29/4/2020). 

Studi tersebut juga meneliti jumlah daya dorong yang bisa dihasilkan ketika Spinosaurus berenang di air. Peneliti pun menyimpulkan jika kinerjanya sebanding dengan vertebrata air yang memiliki fitur serupa. Dengan kata lain, Spinosaurus merupakan bukti terbaik bahwa dinosaurus memang bisa berenang.

Ibrahim mengatakan penemuan ini adalah gagasan penting mengenai dinosaurus non-unggas yang sebenarnya tidak pernah menginvasi dunia akuatik.

"Dinosaurus ini secara aktif mengejar mangsa di air, tidak hanya berdiri di perairan dangkal menunggu mangsa. Mungkin sebagian besar hidupnya di dalam air," ungkap Ibrahim.

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!