HETANEWS

RSD Pulau Galang Rawat 34 Pasien Positif Corona, Ada Anggota Polri dan ASN

Kamar pasien RS Corona di Pulau Galang.

Batam, hetanews.com - RS Darurat Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau, kembali merawat pasien positif virus corona. Jika sebelumnya pasien yang dirawat berjumlah 32 orang, per Kamis (30/4) pukul 08.00 WIB ini bertambah 2 orang.

"Pasien rawat inap yang positif COVID-19 34 orang. 32 pria dan 2 wanita," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono saat dikonfirmasi, Kamis (30/4).

Dari 34 pasien itu, 29 di antaranya adalah anak buah kapal (ABK) KM Kelud milik PT Pelni. Sementara 11 ABK KM Kelud lainnya telah diperbolehkan pulang karena sudah dinyatakan dua kali negatif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab.

RS Corona di Pulau Galang
RS Corona di Pulau Galang.

Sementara itu, sisa pasien yang dirawat adalah anggota Polri dan PNS. "3 anggota Polri dan 2 ASN BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional)," kata Yudo.

Namun, Yudo tidak merinci berasal dari mana saja anggota Polri dan ASN yang dirawat di Pulau Galang.

29 ABK KM Kelud yang positif virus corona dipastikan dalam kondisi baik. Begitu juga dengan pasien yang sempat menunjukkan gejala sakit, kini sudah bisa beraktivitas seperti biasa.

"Secara klinis mereka semuanya cukup baik," ujar Kepala RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Kolonel dr Khairul Ihsan, dilansir Antara.

"Ada yang sudah dilakukan tes swab hasilnya negatif, tinggal swab terakhir. Kalau memang nanti negatif, dalam waktu dekat kami kembalikan ke Pelni," lanjutnya.

Bagi ABK yang sudah selesai menjalani 14 hari masa karantina, selanjutnya diserahkan kepada PT Pelni dan akan diinapkan di hotel setempat sambil menunggu arahan dari manajemen.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.