HETANEWS.COM

Pencuri Septor Divonis Naik, Penadahnya Dibui 10 Bulan Penjara di PN Simalungun

Liswanto dan Darwin disidangkan secara online, didampingi petugas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdaka Liswanto (34), warga Jalan Tanggul Bongkar XI 77, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, divonis 2 tahun penjara, di PN Simalungun yang digelar secara online, melalui vidcon, Selasa (28/4/2020).

Vonis  hakim  Hendrawan Nainggolan, Aries Ginting dan Mince Ginting, naik dari tuntutan jaksa, Fransiska Sitorus SH yang sebelumnya menuntut hanya 18 bulan penjara.

Liswanto (34), dinyatakan terbukti mencuri satu unit sepeda motor (Septor) Honda Beat BK 5083 TAY milik Suhairi. Sedangkan penadahnya, terdakwa  Darwin (25), warga Huta V Naga Sopa Bandar Huluan, dibui 10 bulan penjara. Putusan hakim sama (konform) dengan tuntutan jaksa.                 

Menurut hakim, aksi pencurian itu, dilakukan terdakwa Liswanto, pada Jumat 20 Desember 2019, lalu, di Jalan Besar Perumnas Manahul, Kecamatan Bandar. Saat itu rumah saksi korban sedang mengalami kebakaran dan terdakwa melihat ada satu unit Honda Beat warna merah, terparkir di sebuah rumah kosong tidak jauh dari rumah korban.              

Lalu terdakwa Liswanto mendekati sepeda motor tersebut dan memotong cabel dan menyambungkannya ke cabel kontak. Setelah hidup, terdakwa mengendarai sepeda motor korban ke arah Kota Perdagangan.            

Melalui facebook Liswanto menawarkan sepeda motor curiannya dan setelah berkomunikasi melalui mesanger kedua terdakwa sepakat bertemu, di Pajak Bandar, Kecamatan Pematang Bandar dan jadilah harga Rp 2.400.000.            

Akibatnya, Saksi Suheri mengalami kerugian  Rp 8 juta. Atas putusan hakim, jaksa dan terdakwa mempunyai hak sama untuk menerima atau melakukan upaya banding. Persidangan dibantu panitera pengganti, A Manurung, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!