HETANEWS.COM

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Simalungun Perketat Pemantauan Pendatang dari Luar Daerah

Simalungun, hetanews.com -  Guna mengantisipasi warga pendatang atau warga yang memaksakan dirinya untuk mudik ke Simalungun, khususnya perantau dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal luar negeri, Pemkab Simalungun siapkan lokasi isolasi mandiri di lahan aset pemerintah daerah Desa Batu 20, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun JR Saragih didampingi Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Akmal H Siregar mengatakan, penyiapan tempat isolasi mandiri bagi warga pendatang, merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran virus Corona.

“Pemkab Simalungun mempersiapkan tempat isolasi mandiri bagi warga yang datang dari luar daerah atau yang tetap memaksakan diri mereka mudik, serta para TKI, untuk memudahkan pemantauan kondisi kesehatannya sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19,” ujar JR Saragih.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Simalungun itu menambahkan, pemerintah daerah mengharapkan dukungan masyarakat mencegah penyebaran virus corona dengan melapor atas kesadaran sendiri, jika masuk ke Simalungun, dari daerah atau negara yang sedang dilanda pandemi virus Corona.

Melalui perangkat desa di Nagori Nagori yang ada di 32 Kecamatan Kabupaten Simalungun, pemerintah daerah juga meminta kepala desa, lurah dan kepala dusun untuk ikut serta melakukan pemantauan dan melaporkan pendatang baru di wilayahnya.

Pada Selasa (28/4/2020) Pagi, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 kabupaten Simalungun Akmal H Siregar mengatakan sebanyak 17 ruang isolasi mandiri, dengan kapasitas 200 tempat tidur disiapkan di Desa Batu 20.

"Selain telah mempersiapkan 17 ruang isolasi dengan kapasitas 200 tempat tidur, kita juga telah membentuk tim tugas dan relawan covid-19 yang ada di setiap nagori diKabupaten Simalungun, untuk memantau serta mengawasi nagori mereka jika ada warga atau masyarakat yang datang dari luar daerah. ( luar negeri )  upaya yang kita lakukan ini merupakan langkah cepat untuk penanggulangan Covid 19, memutus rantai penyebaran covid-19. karena bisa sajan pendatang masyarakat bisa tertular maka kondisi kesehatan masyarakat harus dipantaun dengan ketat baik yang masuk ke Kabupaten Simalungun," kata Akmal.

Penulis: hen. Editor: bt.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!