HETANEWS.COM

Heboh Penumpang Duduk di Bagasi Bus Hindari Razia Larangan Mudik

Polisi menghalau mobil bus yang membawa pemudik di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4)

Jakarta, hetanews.com - Sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah orang naik di bagasi bus viral di media sosial. Para orang yang naik itu diduga akan mudik. Untuk mengindari pemeriksaan polisi mereka bersembunyi di dalam bagasi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memastikan foto dan informasi tersebut merupakan berita bohong alias hoaks.

Sambodo mengatakan, pihaknya sudah memutarbalikan kendaraan pribadi maupun bus yang hendak keluar wilayah Jadetabek. Sehingga hal-hal tersebut tak memungkinkan untuk terjadi.

“Jadi udah pasti itu hoaks, mau di bagasi kek, mau di mesin kek, enggak bakal bisa. Kan semua bus udah enggak boleh lewat,” kata Sambodo saat dikonfirmasi, Senin (27/4).

Sebelumnya, Sejak larangan mudik berlaku 24 April 2020, sedikitnya sudah ada 4.041 kendaraan yang diminta putar balik karena nekat keluar wilayah Jadetabek melalui Pintu Tol Bitung, Tangerang dan Tol Cikampek, Jawa Barat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, di Patung Kuda, Kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Polri mulai Operasi Ketupat 2020 pada Jumat (24/4). Operasi ini juga bersamaan dengan dimulainya larangan mudik untuk warga di Jabodetabek, zona merah, dan masuk dalam PSBB.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan melarang warga untuk mudik demi menekan penyebaran virus corona. Larangan mudik ini mulai berlaku Jumat (24/4) dan akan ada sanksi bagi mereka yang melarang aturan ini.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.