HETANEWS

DPRD Usulkan Air PDAM Tirtauli Digratiskan Selama Pandemi

Timbul Lingga

Siantar, hetanews.com - DPRD Pematangsiantar mengusulkan penggratisan air PDAM Tirtauli bagi pelanggan berpenghasilan rendah dan terdampak ekonomi selama Pandemi Covid 19. Melaui surat, usulan itu pun sudah disampaikan ke Walikota Hefriansyah. 

Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Lingga, mengatakan usulan tersebut dari aspirasi masyarakat yang ditampung oleh anggota DPRD di Komisi II. 

"Itu usulan teman teman supaya menyurati Pemerintah kota, kiranya dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid 19 ini," ujar Timbul, ditemui sejumlah wartawan di ruang rapat Gabungan Komisi, Kamis (23/4/2020).

Secara teknis, tentang bagaimana upaya Pemko Pematangsiantar dalam menggratiskan air minum tersebut, kata Timbul, tergantung kebijakan yang diambil oleh Walikota Hefriansyah.

"Apakah mengurangi atau menggratiskan silahkan Walikota bersama jajarannya secara teknis membicarakan hal tersebut. Tapi harapan kita itu direspon, untuk mengurangi beban masyarakat," kata Lingga, seraya mengatakan surat sudah dilayangkan ke Walikota.

Wakil Ketua Komisi II, Ferry SP Sinamo, mengungkapkan kondisi pandemi Covid 19 membuat masyarakat terpukul. Apalagi banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang kehilangan pekerjaan. 

Selain penggratisan air bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid 19, Ferry berpendapat pembayaran air minum ke rumah rumah ibadah pun perlu digratiskan.

"Ini mutlak kewenangan Walikota. Karena pemilik PDAM Tirtauli itu adalah walikota Pematangsiantar," ujar Ferry kepada Wartawan diruang Komisi II DPRD. 

Dengan kewenangan mutlak Walikota Hefriansyah untuk mengambil terobosan itu, Ferry pun menyinggung hati nurani Walikota Hefriansyah melihat kondisi Pandemi Covid 19 yang dialami masyarakat Pematangsiantar.

"Pimpinan DPRD sudah menyurati itu kepada Walikota. Pertanyaannya apakah mau Walikota, ada enggak hati nurani Walikota untuk menggratiskan air minum masyarakat ini. Kita pertanyakan kembali kepada walikota," ujar Ferry.

Baca juga: Simalungun Sudah Buat Kebijakan Bantu Warganya, Siantar Kapan?

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.