HETANEWS.COM

Seorang PDP Corona asal Dairi Meninggal Dunia, Punya Riwayat Penyakit Penyerta

Sidikalang, hetanews.com - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) corona asal Kabupaten Dairi meninggal di RSUP Haji Adam Malik Medan, Selasa (21/4/2020). Jenazah korban telah dikebumikan di TPU khusus Covid-19 di Simalingkar B, Kota Medan.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, pasien yang meninggal merupakan warga Kecamatan Berampu, Dairi, berjenis kelamin perempuan dengan usia 51 tahun.

Pasien merupakan rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Medan dan mendapatkan penanganan medis di RSUP H Adam Malik sejak 17 April 2020.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Dairi Edison Damanik mengatakan, pasien ini sudah memiliki riwayat diabetes melitus/kencing manis, penyakit gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah secara rutin. Dia telah dirawat atas penyakit penyerta tersebut sejak Januari silam.

"Pasien ini sudah berada di Kota Medan sejak tiga bulan kemarin dan tidak kembali ke Dairi," ujar Edison, Rabu (22/04/2020).

Dia melanjutkan, RSUP H Adam Malik sudah melakukan pemeriksaan darah rutin, foto thoraks dan pemeriksaan rapid test dengan hasil positif.

"Tracing terhadap keluarga sudah dilakukan Dinkes Medan melalui Puskesmas dan atas dasar pertimbangan selama ini (sejak Januari 2020) pasien sudah tinggal di Kota Medan dan tidak pernah pulang ke Dairi. Hasil konsultasi Dinkes Dairi dan provinsi, pasien ini didaftarkan dengan status PDP asal Medan bukan dari Dairi," katanya.

Edison secara khusus mewakili Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan rasa duka yang mendalam. Semoga keluarga ikhlas dan tabah menghadapi musibah.

Dia juga meminta kesadaran masyarakat maupun keluarga yang pernah melakukan kontak erat dengan almarhum di Medan dalam kurun waktu 14 hari belakangan agar secara sukarela melaporkan diri kepada petugas atau pusat medis setempat.

"Pemerintah Kabupaten Dairi mengimbau masyarakat untuk serius dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 dan tidak menanggap remeh, namun tetap tenang dan waspada," ujar Edison.

sumber: iNews.id

Editor: gun.