HETANEWS.COM

Edy Rahmayadi Menilai Sumut Belum Perlu PSBB

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau laboratorium di RS USU di Kota Medan, Sumut, Jumat (17/4/2020). (Foto: Istimewa)

Medan, hetanews.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan Pemerintah Provinsi (Pempov) Sumut belum berencana mengajukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Dia menilai sejauh ini Sumut belum membutuhkan langkah yang sudah diambil sejumlah daerah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona itu.

“Belum (PSBB). Kita belum membutuhkan langkah itu,” kata Edy Rahmayadi, saat meninjau laboratorium penelitian Covid-18 di RS USU, Medan, Jumat (17/4/2020).

Edy mengatakan, saat ini Pemprov Sumut masih akan mengambil langkah lain untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah infrastruktur rumah sakit beserta peralatan medis yang dibutuhkan.

“Yang kedua, kita akan melakukan antisipasi nonfisik, menyiapkan antisipasi dampak sosial dengan re-focussing dan realokasi anggaran sebanyak Rp500 miliar untuk tahap awal,” kata Edy Rahmayadi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga secara resmi membuka laboratorium untuk pengujian Covid-19. Pada hari pertama beroperasi, laboratorium tersebut sudah menerima 40 sampel dari berbagai RS di Sumut untuk dilakukan pengecekan.

“Selama ini kita melakukan pengujian menggunakan rapid test, dilakukan sebanyak dua kali untuk menentukan apakah pasien tersebut terpapar Corona (Covid-19) atau tidak. Tapi sekarang sudah bisa dilakukan tes swab PCR. Ini yang pertama di Sumut,” katanya.

Edy mengatakan, dengan pengoperasian laboratorium itu, Sumut lebih cepat mengetahui kondisi pasien dalam pengawasan (PDP) apakan memang terinfeksi virus corona atau tidak.

“Hari ini resmi kita buka, ke depan kita akan lebih cepat mengetahui seseorang terpapar Covid-19 sebelum masa inkubasinya selesai,” katanya.

sumber: iNews.id

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan