HETANEWS.COM

Plt Wali Kota Medan Didesak Berlakukan PSBB

Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Kota Medan, Khairul Hadi

Medan, hetanews.com - Pasien positif COVID-19 di Kota Medan terus meningkat. Liga Mahasiswa Nasdem mendesak Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Kota Medan, Khairul Hadi mengatakan, sebagai Ibu Kota Provinsi Sumut, penyebaran COVID-19 di Medan menunjukkan tren yang mengkhawatirkan.

Sampai saat ini kasus baru terus mengalami peningkatan jumlah. Akibatnya, memunculkan stigma negatif bahwa Pemko Medan tidak serius dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan, saat ini ditemukan jumlah kasus positif 58 orang. Sedangkan PDP sebanyak 218 orang," katanya, Jumat (17/4).

Hadi menjelaskan, sebagai perbandingan, Kota Pekanbaru memiliki jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 11 orang dan PDP berjumlah 125 orang. Saat ini Wali Kota Pekanbaru sudah memberlakukan PSBB.

"Dalam kasus penyakit menular seperti ini, langkah terbaik yang dilakukan adalah masyarakat harusnya tetap berada di rumah," jelasnya.

Berangkat dari kekhawatiran akan nasib warga Medan tersebut, Hadi menuturkan, mereka mengirimkan surat yang berisi desakan kepada Plt Wali Kota Medan agar segera mengajukan PSBB.

Berdasarkan pasal 6 PP No 21 Tahun 2020 Wali Kota juga dapat mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menerapkan PSBB di daerahnya.

"Jangan menunggu, karena ini persoalan keselamatan warga, mengingat Kota Medan menjadi wilayah persebaran virus dengan jumlah kasus tertinggi di Sumut," ucapnya.

Dengan diterapkannya PSBB, menurutnya, merupakan upaya pencegahan total. Karena dengan begitu pembatasan sosial dapat dilakukan lebih tegas, lebih disiplin, dan efektif.

"Sebagai konsekuensinya, Pemko Medan harus menjamin pasokan kebutuhan pangan warga Medan," tandas Hadi.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan