HETANEWS.COM

Sekjen PDIP Hasto Benarkan Penyuap Wahyu Setiawan Kader Partai

Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta, hetanews.com - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan terdakwa kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) DPR RI, Saeful Bahri, adalah kader PDI Perjuangan. Namun, menurut Hasto, Syaeful bukanlah anggota pengurus partai.

Hal itu diungkapkan Hasto saat bersaksi di persidangan Saeful Bahri melalui video teleconference, Kamis (16/4/2020). Hasto awalnya menjelaskan tugas pokok dan fungsinya kepada jaksa KPK sebagai Sekjen PDIP. Hasto lalu membenarkan perihal Saeful adalah kader PDIP.

"Saudara terdakwa adalah anggota PDIP," ujar Hasto saat bersaksi.

"Saudara terdakwa tidak memiliki kedudukan di dalam struktur DPP partai, tak memiliki jabatan struktural di dalam PDIP," sambungnya.

Hasto mengatakan awal pertemuannya dengan Saeful pada 2003, saat dirinya hendak mengurus persyaratan untuk maju sebagai calon anggota DPR RI melalui PDIP. Hasto menyebut, saat bertemu Saeful pada 2003 itu, Saeful sudah menjadi kader PDIP.

"Saya kurang ingat terhadap hal tersebut. Tapi, pada saat kami bertemu pada tahun 2003 yang bersangkutan adalah anggota PDIP," kata Hasto.

Hasto juga mengaku mengenal Agustiani Tio Fredelina, yang juga terdakwa dalam kasus ini. Hasto juga menyebut Tio adalah kader PDIP dan pernah mengurus Departemen PDIP.

"Benar kenal, yang bersangkutan anggota PDIP, dan pernah menjadi pengurus departemen PDIP," katanya.

Sebelumnya, Agustiani Tio Fridelina saat bersaksi mengungkapkan bahwa Saeful adalah kader PDIP. Dia menyebut Saeful pengurus di bagian situation room PDIP.

"Kalau di dalam partainya sendiri ada namanya apa sih, tapi tidak dilaporkan secara resmi ke Kumham. Itu berada di situation room namanya, tapi saya jabatannya tidak mendalami. Tapi sama-sama kader PDIP karena beberapa kali kita tugas bersama," tutur Tio saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (9/4).

Untuk diketahui, berdasarkan website pdiperjuangan.id, Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) dikepalai oleh Prananda Prabowo. Prananda merupakan anak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

sumber: detik.com

Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!