HETANEWS.COM

Nyolong Sawit PT Lonsum Indonesia, Nuriadi Cuma Dituntut 7 Bulan Penjara

Terdakwa Nuriadi dikawal petugas mengikuti sidang online di Lapas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Nuriadi als Adi (39), warga pondok Manahul Perkebunan Bahlias, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, dituntut hukuman 7 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani. Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa Ade Jaya Ismanto SH, dalam persidangan Senin (13/4/2020) yang digelar melalui video teleconfrens (Vidcon).

Atas tuntutan jaksa itu, terdakwa memohon kepada hakim, agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. "Saya mohon hukuman saya diringankan yang mulia, saya berjanji tidak akan mengulangi lagi. Jika mengulangi lagi, maka saya siap dihukum seberat-beratnya,"kata Nuriadi.

Menurut jaksa, karyawan Kebun Bahlias ini, memanen sawit secara tidak sah milik PT Lonsum Indonesia. Adi ditangkap security kebun Lonsum, saksi Boiman dan Indra Buana, pada Rabu, 1 Januari 2020 lalu, sekira pukul 13.30 WIB, di samping kantor divisi Manahul PT Lonsum, di Kecamatan Bandar.

Tahun baru itu, terdakwa berkesempatan mengambil sawit tanpa ijin karena sedang libur. Tapi aksinya itu, dilihat security dan terdakwa diamankan bersama barang bukti 6 tandan sawit.

Dengan sepeda motor Yamaha tanpa plat dan keranjang along - along untuk membawa sawit hasil curiannya ke kampung. Dua saksi yang menangkap terdakwa, langsung melaporkan kepada Satpam, bernama Suarli untuk selanjutnya dibawa ke Polsek dan diproses hukum.

Terdakwa dipersalahkan jaksa, dengan pasal 107 huruf d UU No 39/2014 tentang perkebunan. Untuk putusan hakim, sidang ditunda hingga Senin mendatang.

"Untuk pembacaan putusan, sidang ditunda seminggu,"kata ketua majelis hakim, Roziyanti, di dampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Mince Ginting.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan