HETANEWS.COM

Ini Pelayanan Tilang di Kejari Simalungun Selama Covid-19

Petugas Diman Sutedjo, memperlihatkan skema tata cara pengambilan tilang selama Covid-19. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Setelah diberlakukannya pembatasan interaksi yang disebut social distancing dan juga pisycal distance, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, tidak lagi melayani  secara manual. "Selama covid ini aja, kita buat tekhnisnya seperti ini,"kata Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji, melalui Kasi Pidum Irvan Maulana, ketika ditemui wartawan, Senin (13/4/2020), di kantornya.

Pada loket tilang, terlihat ditutup dan ditempelkan pemberitahuan tentang teknis pengambilan tilang.

Skema yang terpajang di depan ruang tilang sudah sangat jelas, kata Irvan. Dimana si pelanggar lalu lintas (pengendara yang kena tilang oleh petugas kepolisian) dapat memfoto surat tilang secara jelas/lengkap.

Lalu dikirim melalui pesan WhatsApp (WA) petugas kejaksaan, di nomor 0813 6775 5263 yang akan mengirimkan berapa jumlah denda tilang yang akan dibayarkan melalui Bank atau ATM. Setelah dilakukan pembayaran, maka si pelanggar dapat mengirimkan bukti pembayaran ke nomor WA tersebut.

Sedangkan barang bukti, berupa SIM, STNK, Buku KIR ataupun kendaraannya akan diantar oleh petugas ke alamat yang ada. Demikian dijelaskan Irvan, dengan harapan selama masa pembatasan sosial, jangan ada yang melanggar lalu lintas. Sehingga petugas tidak melakukan penindakan (tilang), katanya. Dihimbau agar masyarakat tertib berlalu lintas dan jangan melanggar peraturan tertib berlalu lintas, himbaunya lagi.

Penulis: ay. Editor: gun.