HETANEWS.COM

Larangan Tinggal Di Rumah Tak Berlaku Jika Tengah Malam

Kerumunan sepeda motor dan mobil di seputaran Lapangan Adam Malik Pematangsiantar, Sabtu (11/4/2020) dini hari

Siantar, hetanews.com - Pemerintah kota Pematangsiantar berupaya memutus penyebaran virus corona disease atau Covid 19 dengan melarang warga berkumpul. Imbauan untuk tinggal di rumah gencar dilakukan tapi tak berlaku di sejumlah tempat di Pematangsiantar.

Pantauan pada Sabtu (12/4/2020) dini hari, sejumlah pemuda berkendara roda dua bebas menghirup udara berkeliling di Jalan Sutomo-Merdeka Pematangsiantar. Sebagian  kelompok pemuda lagi, terpantau nongkrong di kursi-kuri lapangan Merdeka sambil mengudut tembakau.

Tak cuma ditempat itu, sebuah lokasi tempat penjual minuman keras atau Miras di Jalan Bandung beropeasi seperti sediakala. Tempat nan remang dengan kursi memanjang dihuni belasan pemuda-pemudi bercengkramah hingga ujung pagi.

Ironinya, si pemilik lapak penjual minuman keras itu pun tak menghiraukan imbauan menutup usaha-nya, sebaliknya berjualan bebas melayani para tamu yang duduk saling berdekatan.

Sebuah kedai penjual miras di Jalan Bandurg, Sabtu (12/4/2020)

Sankin ramainya, sayup sayup terdengar, si pemilik kedai kewalahan melayani tamu lain yang ingin minum karena lapaknya sudah diboking,"Meja situ sudah ada yang mesan, itu kawan mereka sebentar lagi datang," ujar si Pemilik kedai klontong penjual miras itu.

Jauh dari pusat kota, belasan orang dewasa di sebuah warung yang berada di wilayah tanah garapan Kecamatan Siantar Martoba, melepas kepenatan dengan berjoget ria diantara dentuman musik keras. Bagi mereka, tak ada sosial distancing atau Physical distancing.

Fenomena sosial yang terjadi seperti itu juga diakui warga lain. Ada aktivitas tengah malam yang berlangsung seperti biasa ditengah pandemi virus corona.

"Aku juga sering dengar balap balap kereta [sepeda motor] jam jam 4 pagi. Mungkin anak anak sekolah itu, sekolah kan libur. Jadi bebas berkeliaran. Apalagi Napi yang baru bebas dari lapas," pungkas Anto (27), warga Jalan Kartini Pematangsiantar.

Baca juga: Polisi dan Satpol PP Imbau Warga Agar Tinggal di Rumah

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan