HETANEWS

Perusahaan Hiburan Tutup, Karyawan Dirumahkan Tanpa Konpensasi

Petugas Satpol PP mengimbau usaha hiburan karoke untuk menutup hiburan untuk mengantisipasi pandemi virus corona atau Covid 19, Selasa 24 Maret 2020.

Siantar, hetanews.com - Pandemi virus corona atau Covid 19 berdampak kepada sejumlah perusahaan di Pematangsiantar. Pihak perusahaan merumahkan para karyawan akibat imbauan penutupan perusahaan hiburan.

Kepala UPT Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut, Bangun Hutagalung, menuturkan sejauh ini pihaknya menerima laporan dari perusahaan hiburan yang ditutup akibat mencegah penyebaran Covid 19.

"Dari pihak perusahaan yang menyampaikan ke kami, karyawan dirumahkan banyak. Terutama imbauan dari Gubernur, Bupati/Walikota yang menutup tempat hiburan malam," kata Bangun, ditemui di kantornya, Rabu (8/4/2020) siang.

Karyawan yang dirumahkan oleh perusahaan itu ada yang diberi kompensasi atau tanpa kompensasi. "Seperti karyawan hiburan malam Studio 21, Anda, Karoke dan Spa. Perusahaan itu kan diimbau agar ditutup sementara mencegah penyebaran Covid 19 ini," imbuhnya.

Sementara perusahaan perbelanjaan modern, mini market dan swalayan, kata Bangun, mulai memberlakukan pengurangan jam belanja. "Kalau perusahaan seperti minimarket atau swalayan sejauh ini belum merumahkan karyawan, tapi mengurangi jam kerja," jelasnya.

Karyawan lain yang mengalami dampak akibat pandemi Covid 19 di Pematangsiantar ialah perusahaan Pabrik Es di Pamatang. Kata Bangun, perusahaan tersebut sudah merumahkan sebagian karyawannya. 

"Sebagian karyawan Pabrik es itu sudah dirumahkan. Karena perusahaan itu katanya kekurangan bahan baku produksi yang didatangkan dari China," ujar Bangun.

UPT Dinas Tenaga Kerja Sumut sejauh ini juga belum menerima laporan PHK karyawan oleh perusahaan. Akibat kondisi pandemi Covid 19, kata Bangun, terlalu jauh untuk menyelesaikan kasus karyawan di-PHK karena kondisi beberapa perusahaan mulai colaps akibat pandemi.

Baca juga: Antisipasi Corona, Kusuk Lulur Hingga Hiburan Malam Ditutup

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.