HETANEWS.COM

13 Ribu KK Terdampak Ekonomi di Pematangsiantar, Bakal Terima Bantuan

Pedagang pasar Dwikora di Jalan Patuan Anggi, Kecamatan Siantar Utara, Rabu (8/4/2020)

Siantar, hetanews.com- Dinas Sosial P3A Pematangsiantar mendata sebanyak 13400 KK yang terdampak ekonomi akibat pandemi virus Corona atau Covid 19. Warga yang terdampak bakal mendapat bantuan dari Pemko Pematangsiantar.

Pendataan warga kali ini diluar dari penerima PKH maupun BPNT dari Pemerintah Pusat, dan data sebanyak 3389 orang yang telah dikirim ke Dinas Sosial Provinsi Sumut. 

"Pendataan dilakukan ditingkat kelurahan. Data sebanyak 13400 KK ini akan diserahkan ke Pemko Pematangsiantar. Kita hanya mengerjakan pendataan saja," ujar Kabid Sosial, Resbon Sinaga, Rabu (8/4/2020) sore.

Pemko Pematangsiantar melalui Gugus tugas penanganan Covid 19 sedang menggodok anggaran untuk kebutuhan warga miskin yang terdampak ekonomi akibat Pandemi Virus Corona di Pematangsiantar.

Melalui pendataan yang dilakukan Dinas Sosial, sebanyak 13400 KK, rencananya akan diberikan bantuan sembako baik uang tunai. Meski demikian, belum diketahui percis berapa anggaran yang disalurkan per Kepala Keluarga [KK].

Adapun pendataan warga yang terdampak ekonomi akibat Covid 19 ini sudah berakhir. Sejauh ini belum ada pendataan tahap kedua yang akan dilakukan.

"Syaratnya warga miskin yang terdampak ekonomi akibat Covid 19. Misalnya pekerja rumah makan, penjaga Toko, Buruh Harian lepas, Penjaja makanan yang gak jualan lagi karena pandemi Covid 19 ini," kata Resbon.

"Warga yang didata ini harus memiliki KK dan bukan warga penerima PKH, BPNT dan bukan data warga yang dikirim ke provinsi," jelasnya. 

Pada Jumat (4/4) kemarin didata sebanyak 3389 orang di Pematangsiantar terkena dampak ekonomi akibat pandemi virus corona. Data tersebut dikirim oleh Dinsos P3 A Pematangsiantar ke Dinas Sosial Provinsi. 

Dikonfirmasi apakah sebanyak 3389 orang tersebut telah menerima bantuan dari Dinas Sosial Provinsi, Resbon menuturkan masih dalam kajian. "Masih belum turun bantuan dari provinsi. Masih mereka kaji, yang penting data sudah kita kirimkan," jelasnya. 

Baca juga: 3389 Orang Terdampak Ekonomi Akibat Pandemi Corona di Pematangsiantar

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan