HETANEWS

Cegah Penularan Corona, Komisi VIII Usul Distribusi BLT Lewat Transfer Bank

TB Ace Hasan Syadzily

Jakarta, hetanews.com - Pemerintah Jokowi melalui Kemensos akan memberikan sejumlah bantuan sosial (Bansos). Mulai dari sembako hingga bantuan langsung tunai (BLT) sebagai upaya mengatasi dampak ekonomi akibat wabah virus corona. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily berharap Kemensos tetap memperhatikan physical distancing dalam distribusi bantuan.

Untuk itu, Ace mengatakan pendistribusian bantuan yang bentuknya uang tunai seperti BLT bisa dilakukan dengan metode transfer perbankan. Dia pun menyebut Kemensos dapat membuat rekening secara kolektif untuk m

engakomodasi masyarakat yang tak memiliki rekening.

"Berbagai program bantuan sosial, lebih bagus melalui cash transfer melalui perbankan," kata Ace dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4).

"Kemensos sudah memiliki kemampuan untuk membuat rekening bank secara kolektif bagi para penerima bantuan yang tidak punya rekening bank," lanjut dia.

Selain itu, Ace berharap agar Kemensos melakukan pemutakhiran data bagi penerima bantuan agar tidak salah sasaran. Dia pun meminta pemerintah pusat melibatkan pemerintah daerah dan kepala desa agar dapat mengawasi pelaksanaan program.

"Melibatkan pemerintah daerah, kepala desa atau kelurahan dan Satgas COVID-19 di daerah dengan memperhatikan masukan anggota Komisi VIII DPR sesuai dengan daerah pemilihannya masing-masing sebagai bentuk pengawasan," tutur Ace.

Ketua DPP Golkar itu juga berharap program bantuan dari pemerintah dapat segera dicairkan agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain itu, dia juga meminta pemerintah juga memberi bantuan kepada para mahasiswa.

"Pencairan program Bantuan Perlindungan Sosial harus segera dilakukan sesegara mungkin dengan memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat dan momentum menghadapi mudik, bulan Ramadhan dan Idul Fitri," ucapnya.

"Selain program perlindungan sosial yang ada dalam komponen PKH untuk pendidikan untuk pendidikan dasar, saya juga meminta agar memperhatikan para mahasiswa untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikoordinasikan dengan kementerian terkait," tutup Ace.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.