Sergai, hetanews.com - Galian C tanah urug diduga tanpa izin yang sedang beraktivitas, di Dusun 4 Genting Desa Simalas, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, ternyata dipergunakan untuk material penimbunan pembangunan jalan tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar, atau tepatnya di zona 2.

Menurut Iyon, salah seorang pekerja pencatat keluar masuk truk, di lokasi proyek, kepada hetanews.com, belum lama ini mengatakan, galian C tTanah urug ini, dikelolah oleh PT Soyuren.

"Kalau tanah ini dibawa ke zona 2 bang, kalau gak salah STA 8 dan STA 13 lah bang. Kalau per harinya 25 dump truk la bang. Kalau ini punya PT Soyuren bang,"ungkapnya.

Menanggapi dugaan galian C tanah timbun yang beraktivitas tanpa mengantongi izin itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serdang Bedagai, P Tambunan, ketika dikonfirmasi hetanews.com, via whatsapp, Selasa (7/4/2020) mengatakan, jika pihak DLH Belum mengetahui secara lengkap dugaan tersebut. Untuk itu, pihaknya berjanji akan mengecek langsung ke lapangan dugaan tersebut.

"Terimakasih ya, anggota saya kroscek dulu kelapangan Besok tks,"tulisnya di whatsapp.

Dengan adanya janji dari Kepala Dinas yang akan turun ke lokasi ini, diharapkan akan mendapatkan titik terang, terkait dugaan Galian C yang dianggap tidak mengantongi izin ini.

"Ya, saya harapkan Kadis DLH tepat janji akan turun besok. Jangan lagi mengulur ulur waktu lagi,"ucap warga, marga Damanik.