HETANEWS

Ferguson vs Gaethje di UFC 249: Khabib Untung, McGregor Rugi

Tony Ferguson bakal menghadapi Justin Gaethje di UFC 249.

AS, hetanews.com - UFC 249 tetap berjalan dengan memanggungkan laga Tony Ferguson lawan Justin Gaethje. Khabib Nurmagomedov yang tak mau bertarung dapat untung sedangkan Conor McGregor rugi besar terkait keputusan ini.

Khabib menolak bertarung di UFC 249 karena situasi pandemi Corona yang tengah melanda dunia. Khabib menyebut ketidakjelasan lokasi pertarungan juga membuat ia memilih pulang ke Rusia dan akhirnya tak mau tampil di UFC 249.

Meskipun Khabib menolak bertarung, namanya masih sangat harum untuk popularitas UFC. Karena itulah White tidak memberikan hukuman pada Khabib. Sabuk juara kelas ringan masih milik petarung asal Dagestan tersebut dan UFC 249 memperebutkan sabuk interim.

Kegagalan duel Khabib vs Ferguson tidak berdampak apapun terhadap dirinya, kecuali dampak keuntungan ekonomi dan materi yang dianggap Khabib tidak pernah jadi prioritasnya. Khabib malah diuntungkan karena dia bisa beristirahat penuh di situasi krisis ini.

Selain itu, keuntungan Khabib lainnya adalah ia bisa melihat calon lawannya saling sikut. Ferguson dan Gaethje adalah dua calon penantang Khabib.

Andai duel lawan Ferguson berlangsung dan Khabib memenangkannya, Khabib kemungkinan besar bakal bertemu Gaethje yang tampil sebagai penantang di urutan berikutnya.

Dengan duel Ferguson vs Gaethje di UFC 249, setidaknya Khabib hanya perlu melawan salah satu dari mereka. Dengan status juara interim, pemenang duel di UFC 249 bakal bertemu Khabib di laga berikutnya. Sedangkan pihak yang kalah butuh jalan lebih panjang untuk bisa berjumpa Khabib.

Sementara McGregor termasuk pihak yang rugi besar meskipun sejak awal ia tidak terlibat dalam urusan UFC 249.

Hal itu bisa terjadi karena McGregor adalah lawan yang sangat diprioritaskan Dana White untuk mendapat rematch lawan Khabib di kesempatan lain setelah UFC 249. White mengaku McGregor punya peluang untuk jadi lawan berikutnya bagi Khabib terlepas ia baru melakoni satu pertarungan setelah comeback di UFC.

Gaethje yang sempat protes dengan pernyataan White terkait rematch Khabib vs McGregor lalu memunculkan ide duel Gaethje vs McGregor di pertengahan tahun. Pelatih McGregor, John Kavanagh menyatakan sudah ada pembicaraan duel McGregor vs Gaethje.

Skema awal menyebutkan bahwa pemenang duel McGregor vs Gaethje berhak menghadapi pemenang duel Khabib vs Ferguson yang berstatus juara dunia kelas ringan UFC.

Dengan Gaethje ditarik untuk menghadapi Ferguson di UFC 249, McGregor kini berjarak lebih jauh dari sabuk juara. McGregor harus menunggu setidaknya dua pertarungan, yaitu UFC 249 dan pemenang duel tersebut menghadapi Khabib, untuk kemudian baru bisa dipertimbangkan dalam pertandingan perebutan gelar juara.

  • Arti UFC 249 untuk Ferguson dan Gaethje
Ferguson dan Gaethje bakal tampil sebagai petarung di UFC 249. Ferguson dan Gaethje bakal memberikan hiburan dan 'rutinitas normal' bagi warga dunia yang saat ini berada dalam situasi krisis lantaran corona.

Selain keuntungan dari segi materi dan rasa hormat, Ferguson sejatinya rugi menjalani duel ini. Ferguson adalah petarung yang sudah menjalani 12 laga beruntun dengan tampil sebagai pemenang.

Catatan apik itu terasa janggal karena Ferguson belum menyandang status juara dunia. Ferguson pernah menyandang sabuk interim kelas ringan pada 2017, namun akhirnya gagal tampil dalam perebutan sabuk juara lawan Khabib di UFC 223 karena mengalami cedera.

Dalam momen itu, Khabib akhirnya berhadapan melawan Al Iaquinta dalam perebutan sabuk kelas ringan dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

Merujuk UFC 249 hanya memperebutkan sabuk interim, artinya Ferguson mundur satu langkah dalam upaya mendapatkan status juara kelas ringan. Ferguson kini harus mengalahkan Gaethje, hanya untuk bisa bertemu Khabib yang awalnya seharusnya memang sudah dijadwalkan menjadi lawannya.
Situasi ini makin miris bagi Ferguson karena Khabib yang memilih menarik diri dari UFC 249 sedangkan justru ia yang harus menanggung kerugian dari rencana pertarungan yang gagal.

Sementara untuk Gaethje, ia mendapatkan keuntungan sebagai petarung pengganti. Nama Gaethje yang awalnya seolah tidak masuk radar White kini dipastikan bakal punya peluang untuk jadi juara kelas ringan.

Syaratnya tentu saja dengan mengalahkan Ferguson di UFC 249 dan kemudian menaklukkan Khabib di pertarungan berikutnya.

Perubahan duel UFC 249 antara Ferguson lawan Gaethje memberikan gambaran yang jelas. Khabib dan Gaethje bisa tersenyum sedangkan Ferguson dan McGregor adalah pihak yang rugi besar. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.