HETANEWS.COM

Biaya Penanggulangan Corona Rp 42 M, Anggaran Proyek Berpotensi Dipangkas

Penyemprotan cairan disinfektan oleh Petugas Damkar Pematangsiantar.

Siantar, hetanewsc.com - Pemko Pematangsiantar menambah alokasi angaran pencegahan penyebaran dan penanggulangan pandemi Covid 19 atau virus Corona.  Anggaran yang dialokasikan semula Rp 3 Miliar menjadi Rp 42 Miliar. 

Perubahan anggaran tersebut merujuk Instruksi Mendagri No 1 Tahun 2020 tentang penanganan Covid 19 di lingkungan pemerintah daerah. Melakukan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu atau Refocusing.

Pelaksanaan instruksi Mendagri ini paling lama  7 hari dilaksanakan setelah instruksi dikeluarkan. 

"Dana APBD 2020 yang tadinya disertakan untuk pendampingan kelurahan sebesar Rp 42 Miliar itu akan digeser menjadi Dana TT [Tidak Terduga," ujar Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah [TAPD], Hammam Sholeh, Senin (6/4/2020) kemarin.

Menurut Sholeh, itu merupakan rencana Refocusing pertama. Rencana Refocusing yang kedua adalah rasionalisasi anggaran yang ada di semua OPD. Angkanya diperkirakan mencapai Rp 24 Miliar. 

Rencana refocusing  yang ketiga memangkas anggaran biaya proyek pembangunan dan menyisakan anggaran untuk biaya pemeliharaan saja.

"Itu [Anggaran Proyek] yang ada di PUPR kalau sifatnya gak urgen larinya ke refocusing. Itu seandainya situasi pandemi semakin parah," jelas PLT Kepala Bappeda ini.

Untuk realisasinya, sejauh ini pihaknya akan menyelesaikan refocusing angggaran melalui Peraturan Kepala Daerah atau Perkada. 

"Refocusing ini dilakukan dengan Perkada. Sesuai dengan peraturan Mendagri ini cukup untuk pemberitahuan kepada pimpinan Dewan. Bukan anggota dewan. Tidak mendapatkan izin dari dewan, itu tegas," katanya.

Baca juga: Pemko Pematangsiantar Alokasikan Rp 3 M Untuk Tanggulangi Corona

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!