HETANEWS

Mendagri Paparkan 4 Grand Strategi Nasional Hadapi Covid-19

Mendagri Tito Karnavian. Foto: Beritasatu Photo / Istimewa

Jakarta, hetanews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut empat pilar strategi dalam melawan wabah virus corona atau Covid-19. Keempat pilar tersebut, saling berhubungan satu sama lain dan merupakan satu kesatuan dari grand strategi nasional.

"Pertama adalah strategi pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 itu sendiri," kata Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (6/4/2020).

Tito menjelaskan, strategi kedua adalah menyangkut peningkatan sistem ketahanan tubuh, baik di tingkat indvidual maupun di tingkat komunitas masyarakat untuk menghadapi virus corona.

Ketiga, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, baik di tingkat Pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia.

"Keempat adalah mengoptimalkan kapasitas produksi industri, khususnya di bidang kesehatan serta produksi kebutuhan dasar masyarakat termasuk ketahanan pangan. Petani, peternak dan nelayan harus diproteksi agar mampu melipatgandakan produksi pangan," jelas Tito.

Menurut Tito, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dapat dikategorikan ke dalam strategi nomor satu, yaitu pencegahan penularan.

Penerapan strategi ini memiliki implikasi ke bidang lain, seperti sosial dan ekonomi sehingga harus direspon dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat termasuk pangan yang dicakup di dalam strategi keempat.

Untuk mencapai kapasitas sistem kesehatan seperti penyediaan Alat Perlindungan Diri (APD), kecukupan ventilator di rumah sakit rujukan serta alat kesehatan lainnya, Tito menyebut dibutuhkan optimalisasi industri dalam negeri di bidang kesehatan.

Artinya, sektor dunia usaha dan industri kesehatan perlu didorong untuk berproduksi mencukupi kebutuhan yang berhubungan dengan Covid-19.

"Masalah Covid-19 tak bisa lagi ditangani secara parsial atau secara sendiri-sendiri oleh sektoral. Kita membutuhkan grand strategi nasional utuk menghadapinya," tegasnya.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.