HETANEWS.COM

Rentan Terpapar Corona, Jukir Tak Dibekali Masker

Jukir di Jalan Sutomo Pematangsiantar, Senin 6 April 2020.

Siantar, hetanews.com - Para Juru Parkir atau Jukir tidak dibekali alat pelindung diri oleh Dinas Perhubungan Pematangsiantar. Padahal, Jukir yang bekerja sehari hari mengatur kendaraan di jalanan rentan terpapar virus Covid 19.

Masa pandemi yang mulai berlangsung di Pematangsiantar sejak pekan kedua Maret 2020 lalu. Namun alat pelindung diri seperti Masker dan sarung tangan tak sampai ke tangan Jukir. Mereka pun rela bekerja tanpa alat pelindung diri ditengah pandemi virus corona atau covid 19.

"Gak ada masker atau sarung tangan dikasih. Kalau sekarang aku gak pakai masker atau sarung tangan lah," ujar Parulian Hutagaol, Jukir di kompleks Lapangan Merdeka, Senin (6/4/2020).

"Kemarin memang ada bagi bagi Makser. Itu pun dari orang orang yang bagi gratis. Paling itu aja lah pernah ku pakai. Selain itu gak ada pake apa apa," ujarnya. 

Jokenari Sianturi, Jukir di Jalan Bandung Pematangsiantar, terpaksa membeli Masker sendiri untuk mengantisipasi penyebaran virus. Selain masker, ia tidak pernah pakai sarung tangan. 

"Masker ini ku beli sendiri nya ini. Kalau sampai sekarang belum ada dibagi masker ke kami," imbuhnya. 

Pria berumur 50'an ini mulai khawatir bekerja tanpa alat pelindung diri. Apalagi penyebaran virus Corona diam diam tanpa disadari bisa menjangkit dirinya yang sering kontak dengan orang orang. 

"Kalau cuci tangan. Paling ke Pajak Horas lah. Kalau enggak pakai air Aqua. Cuci tangan kalau pas mau makan saja," katanya. 

Kondisi seperti itu juga dialami Effendi Siahaan. Jukir yang bertugas di seputaran Jalan Sutomo Pematangsiantar ini mengaku pernah mengeluh ke Dinas Perhubungan. "Sudah pernah ku sampaikan kek gitu. Memang gak pedulinya orang itu," ungkap Effendi. 

Dia akhirnya membeli masker seharga Rp 5 ribu untuk dia pakai sehari-hari. Effendi mengaku pekerjaan menjadi Jukir ditengah wabah virus Corona beresiko tinggi. Apalagi kontak langsung dengan benda atau orang yang berbeda. 

Namun pengalaman dirinya dimasa pandemi Corona, punya cerita yang berbeda. "Kalau sekarang  pengendara keluar dari mobil setelah parkir. Pas mau pulang ngasih uang parkir buka kaca baru pulang," katanya.

Ditempat yang sama, Jukir lain mengaku mendapat informasi jika Dishub Pematangsiantar segera mendistribusikan Masker dalam pekan ini. Namun sejauh ini hal itu belum dikonfirmasi oleh Dishub Pematangsiantar.

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan