HETANEWS.COM

Gubsu Minta Warga Pakai Masker Cegah Corona: Jangan Bikin Pusing Pemerintah

Gubsu Edy Rahmayadi

Medan, hetanews.com - Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta masyarakat menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Dia meminta warga tak membuat pusing pemerintah.

"Ayo kita hadapi Corona ini sama-sama. Jangan makin bikin pusing pemerintah, kalau dibilang pakai masker, pakai masker. Gunakan masker sehingga virus ini tidak ada media yang bisa menularkan kepada orang lain," ujar Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Senin (6/4/2020).

Edy juga meminta masyarakat tetap berada di rumah. Jika ingin keluar, kata Edy, warga diminta menjauhi keramaian.

"Kalau dibilang harus di rumah, di rumah. Kalau terpaksa harus keluar, hindari keramaian. Jangan kontak badan," tuturnya.

Edy mengatakan penggunaan masker saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan. Menurutnya, masyarakat yang tidak menggunakan masker adalah masyarakat yang tidak mematuhi aturan.

"Kemarin-kemarin wajib pakai masker. Yang nggak pakai masker ini nggak patuh aturan. Kenapa pakai masker? Karena ada virus," jelasnya.

Dia mengatakan masker di Sumut tersedia. Edy berharap warga patuh terhadap aturan yang dibuat pemerintah.

"Ada, ada. Orang maskernya letak di sini (menunjuk leher). Bukan tidak ada," ucap Edy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat mengikuti saran WHO untuk memakai masker tak hanya untuk yang sakit. Jokowi meminta semua masyarakat yang memakai masker saat ke luar rumah.

"Kemudian karena terakhir saya melihat, membaca WHO menganjurkan agar semuanya memakai masker. Saya minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi membuka ratas yang disiarkan langsung lewat akun YouTube, Senin (6/4).

"Setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker," sambung Jokowi.

sumber: detik.com

Editor: sella.