HETANEWS

Cerita Andrea Dian yang Konsumsi Obat Klorokuin Saat Dirawat

Andrea Dian sembuh dari virus corona. Foto: Instagram/@andreadianbimo

Hetanews.com - Setelah menjalani perawatan selama kurang lebih tiga minggu, artis Andrea Dian sudah sembuh dari corona atau covid-19. Hal itu dirinya umumkan dalam sebuah unggahan di akun Instagram miliknya pada Minggu (5/4/2020).

"Puji Tuhan, aku sudah dipulihkan. Tuhan hebat. Hi teman-teman semua, setelah melalui 3 minggu perawatan, akhirnya aku disembuhkan dari COVID-19,” tulis Andrea Dian dalam unggahannya di Instagram.

Saat dirawat di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Andrea sempat mengonsumsi obat klorokuin. Namun, dia mengaku mengalami efek samping sehingga berhenti mengonsumsi obat tersebut.

"Pindah ke Wisma Atlet, saya dapat chloroquine, tetapi sepertinya saya tidak cocok, karena ada efek samping yang saya dapat," ucap Andrea Dian dalam insta story-nya, Sabtu (4/4/2020).

Ada beberapa efek samping yang dia rasakan, mulai dari rasa cemas, mual, muntah, jantung berdebar, pusing, napas pendek, hingga tremor pada tangan. Setelah diperiksa oleh tim medis, Andrea diputuskan tidak lagi mengonsumsi obat klorokuin.

Karena itu, Andrea mengingatkan warga yang terinfeksi corona dan mengalami efek samping setelah minum obat tersebut, agar segera melapor ke tim medis.

"Jadi jika kamu mengalami efek samping setelah minum (chloroquine), lapor ke perawat ya. Semoga cepat sembuh," ucap Andrea.

Petugas menunjukkan obat Chloroquine yang akan diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu (21/3/2020) .Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

Memang, klorokuin adalah salah satu obat yang digunakan terhadap pasien corona Covid-19. Namun, menurut Andrea masyarakat tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter.

"Karena efeknya sangat berbahaya. Tidak semua orang cocok," ujar Andrea. 

Selain minum obat klorokuin, Andrea juga diberikan multivitamin, vitamin C 500 mg, makanan, air putih, dan 4 jenis obat.

Sumber: indozone.id

Editor: tom.