HETANEWS

Ini Penjelasa RS Adam Malik Terkait Satu Orang Positif Covid-19 Di Siantar

Kasubbag Humas RS Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak.(Foto/Net)

Siantar, hetanews.com - Berdasarkan keterangan Walikota melalui Live Streamingnya di Media Sosial, Jumat (03/04/2020), jika satu orang positif Covid - 19 sudah melakukan perobatan ke RS Adam Malik, Medan.

Berdasarkan keterangan Walikota tersebut orang tersebut setelah 5 hari melakukan perobatan di RS Adam Malik, Medan dan merasa kondisinya sudah membaik akhirnya yang bersangkutan pulang ke Kota Siantar.

Namun akhirnya diapun kembali merasa tidak membaik, yang bersangkutan kembali melakukan perobatan ke salah satu RS rujukan di Medan, dan tertanggal 30 Maret yang bersangkutan dinyatakan positif.

Namun uniknya tanggal 1 April yang bersangkutan tetap pulang ke Kota Siantar dan akhirnya tanggal 3 April, kemarin yang bersangkutan dilakukan isolasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Siantar.

Terkait kronologi tersebut kemudian hetanews mencoba menanyakan seperti apa prosedur penanganan dari RS terkait pasien yang melakukan perobatan namun hasil labnya belum dinyatakan positif, apakah pasien tersebut diperbolehkan pulang?.

Melalui keterangan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RS Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak, Sabtu (04/04/2020), melalui pesan WhatsApp (WA) jika tidak semua Pasien PDP harus dirawat di RS Adam Malik.

"Untuk kasus PDP dengan gejala ringan, diperbolehkan isolasi Mandiri, itu ada dalam pedoman yang terbaru untuk protokoler penanganan Covid - 19,"katanya.

Dikatakan bahwa akibat dari hal tersebut akhirnya hari ini Dinkes Kota Siantar menyatakan keluarga Pasien tersebut dinyatakan positif Covid - 19, Namun sekali lagi Humas tersebut menyebutkan jika RS Adam Malik sudah melakukan prosedur yang sesuai.

"Saya tidak tau pasien mana yang bapak maksud tetapi sesuai kronologi yang bapak sebutkan tadi ya engga ada aturan yang dilanggar oleh RS (Adam Malik), PDP dengan gejala ringan memang diperbolehkan untuk isolasi Mandiri, itu sudah sesuai aturan,"sebutnya.

Penulis: tom. Editor: tom.