HETANEWS

1 Keluarga di Jatim Tewas Terperosok ke Lubang Septic Tank

Ilustrasi Septic Tank

Jawa timur, hetanews.com - Peristiwa tragis terjadi di Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (4/4) dini hari. Satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan anak tewas usai terperosok ke lubang septic tank.

Para korban itu adalah Walid (70), Seniwati (65), dan Anita (30). Ketiga korban telah dimakamkan sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolsek Maesan, AKP Slamet Riyadi, mengatakan ketiga korban terperosok ke septic tank yang kedalamannya sekitar 20 meter.

"Bekas sumur di dalam rumah yang dijadikan septic tank," ungkap Riyadi saat dikonfirmasi.

Berdasarkan penyelidikan, polisi menyimpulkan kasus tersebut murni kecelakaan.

"Evakuasi korban dilakukan oleh Polres Bondowoso, BPBD, Puskesmas Maesan, dan Basarnas dari Jember," beber Slamet.

Ilustrasi mayat
Ilustrasi mayat.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Basarnas Jember Rudi Prahara menceritakan peristiwa tragis itu bermula dari korban Walid yang jatuh terlebih dahulu ke dalam septic tank sekitar pukul 00.26 WIB dini hari.

"Korban Walid mau ke kamar mandi, tapi plesteran tutup septic tank yang dilewati ambles, sehingga korban terperosok kedalam," kata Rudi.

Seketika Seniwati, istri Walid terperanjat dan langsung bergegas ke arah suara teriakan suaminya. Nahas, perempuan itu juga masuk ke lubang septic tank yang sudah tanpa penutup.

Anita, anak dari pasutri yang tinggal serumah, juga tanpa pikir panjang dalam kondisi gelap berupaya mencari bapak dan ibunya yang berteriak histeris. Tanpa disadari, Anita juga akhirnya juga turut masuk ke lubang septic tank.

Rudi memperkirakan, Seniwati maupun Anita panik tidak sempat menghidupkan lampu rumahnya saat mencari Walid, sehingga mereka sama-sama terperosok. Dia menduga nyawa ketiganya tidak dapat terselamatkan karena terlalu lama berada di dalam septic tank.

"Kami baru dapat laporan selang 3 jam dari kejadian. Warga tetangga korban juga tidak berani menolong, karena terlalu dalam dan tanah pinggir septic tank juga mulai ambrol," ungkap Rudi.

Upaya evakuasi ketiga jasad korban berlangsung lama. Mulai dari pukul 03.00 hingga pukul 09.00 WIB. "Saat dievakuasi, korban sudah meninggal," jelasnya.

Petugas medis seketika melakukan upaya visum dan pembersihan jasad ketiga korban di rumah duka. Ketiga korban selanjutnya dimakamkan di TPU setempat.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.