HETANEWS

3 Pasien Postif Corona di Simalungun, Ini Akan Dilakukan JR Saragih

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2020, (Covid-19) Kabupaten Simalungun, Dr JR. Saragih dan Tim. (foto/hen)

Simalungun, hetanews.com - Pasca tiga pasien positif corona yang dirawat di RSUD Perdagangan, Bupati Simalungun, JR Saragih, beserta jajarannya, gencar melakukan penanggulangan, guna mencegah penyebaran virus mematikan itu, di seluruh kecamatan di Kabupaten Simalungun, Jumat (3/4/2020).

Menurut Bupati, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dengan alat alat medis yang telah dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan Simalungun, serta melakukan pengamanan super ketat, di lokasi pemukiman warga, terutama di lokasi sekitar  yang pernah disinggahi dan melakukan  pemeriksaan terhadap masyarakat sekitar, serta keluarga para pasien yang positif corona.

Diminta kepada masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan di lingkungan sekitarnya, termasuk para pengusaha, seperti warung dan kedai, agar segera ditutup, guna mengantisipasi penyebaran virus corona, lingkungan masing - masing.

"Langkah - langkah yang kami ambil hari ini, kami akan terjun ke lokasi Perdagangan, di daerah tempat tinggal salah seorang pasien positif corona. Kami akan membawa sejumlah alat medis seperti alat ronsen, laboratorium, dan rapid test, tentunya dengan tenaga medis yang memakai APD lengkap. Dan nantinya kami akan mengecek sempel sekitar 100 sampai 150 orang, terutama kepada keluarga terdekat pasien yang positif, dan besok kita akan ke Karang Sari, untuk melakukan pengecekan sekitar 200 orang,"ujar JR Saragih.

Ketua Gugus juga mengatakan, telah meminta kepada para perangkat desa, yang dibantu oleh Polres Simalungun dan Kodim untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat, di lokasi yang diduga terpapar corona. Serta menutup warung usaha milik warga untuk sementara.

"Saya sudah perintahkan camat, Danramil dan instansi terkait agar melakukan pengawasan yang lebih ketat, serta kalau ada warung - warung, kita tutup sementara dan ingat kalau jualan bahan pokok, dia boleh jualan dengan catatan, dia tidak boleh menerima banyak banyak orang dan harus membudayakan antri. Dan himbauan kepada masayakat tidak perlu takut, tidak perlu kuatir, namun tetap waspada. Kami Pemkab Simalungun dan tim gugus siap memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Simalungun,"ujarnya.

Penulis: hen. Editor: gun.