Siantar, hetanews.com - Sebanyak 20 tahanan RTP Polres Siantar, tidak dikirim pihak Polres Siantar ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Siantar.

Hal Ini dilakukan untuk menyikapi surat edaran pemerintah dan maklumat Kapolri, terkait penghentian para tahanan dikirim ke Lapas, guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid – 19, pada para tahanan.

"Untuk sementara waktu, tahanan kita tidak dikirimkan ke Lapas, sesuai dengan surat edaran pemerintah dan maklumat Kapolri RI. Dan langkah upaya pencegahan virus Covid-19, jauh hari sudah dilakukan, demi keselamatan para tahanan,"ujar Kasi Tahti, Iptu H Manurung, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (3/4/2020), sekira pukul 10.30 WIB.

Terpisah, Humas Lapas, Hiras Silalahi, membenarkan kalau untuk sementara, mereka melakukan penundaan tahanan yang dikirim oleh pihak manapun, ke Lapas Kelas IIA Siantar.

"Itu sesuai dengan Surat Menteri Hukum dan Ham No.M.HH .PK.01.01.04, perihal penundaan sementara pengiriman tahanan ke Lapas. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 kepada para tahanan,"akhirnya melalui seluler telefon.