HETANEWS

Bupati Simalungun Imbau Warga Alami Demam Segera Periksakan Diri

Bupati Simalungun JR Saragih dalam konferensi pers. Foto: ist

Simalungun, hetanews.com – Bupati Simalungun JR Saragih mengimbau warganya untuk segera memeriksakan diri apabila mengalami badan demam dalam situasi saat ini. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemkab dalam pencegahan virus corona atau Covid-19.

“Untuk itu kami mengimbau seluruh masyarakat Simalungun, melalui teman-teman pers ini, (warga) tidak perlu takut dan tidak perlu dipaksa, siapapun demam datang lah ke rumah sakit dan disitu kita sudah menyiapkan tempat. Bukan berarti orang demam itu langsung kita katakan dia PDP, tidak. Kita bisa memantau sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya,”  ujarnya, Kamis, 2 April 2020.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Simalungun, itu mengatakan sejumlah manfaat yang dapat dirasakan ketika seseorang dirawat di rumah sakit yang ada di Simalungun. Pertama, keluarga tidak was-was dan tidak juga menjangkiti keluarga.

“Kedua, (pasien) selama dirawat tanggung oleh pemerintah. Ketiga, tidak menjadi konflik sosial di masyarakat, ini yang kita jaga,” katanya dalam konferensi pers kepada sejumlah awak media.

Saat ini pihaknya bersama seluruh stake holder tengah bekerja keras menangani wabah penyakit ini. “Kami semua sekarang bekerja mencari orang yang demam supaya kita tau, jangan nanti pas sudah parah kita sulit mengatasinya. Tapi kalau dia demam, kita dapat atasi lebih cepat,” ujarnya.

Bupati mengimbau warganya agar selalu menjaga pola hidup sehat, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker apabila mengalami batuk/flu.

Diketahui, data per 2 Maret 2020 terdapat 60 dari 855 ODP tengah dirawat. Seorang PDP meninggal setelah sempat mendapatkan perawatan di RSU Perdagangan, sehingga menjadi nihil. Bupati menyampaikan, hasil rapid tes PDP maupun keluarganya dinyatakan negatif corona.

Penulis: bt. Editor: bt.