HETANEWS

Jaksa Dakwa 3 Warga Perdagangan Pengedar Sabu

Jaksa H Ronald MP saat membacakan dakwaannya. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Hendra Syahputra alsKetel (40),  Hendrik als Capcay (35) dan Junaedi Damanik als Ijun (34), disidangkan dalam berkas terpisah, Kamis (2/4/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, secara online.

Agenda persidangan, siang itu, mendengarkan surat dakwaan jaksa, H Ronald MP. Menurut dakwaan jaksa, ketiganya warga yang sama, di Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar.

Petugas  lebih dulu menangkap Junaedi, dengan barang bukti, 4 paket sabu, pada Kamis, 14 Nopember 2019, lalu.

Sabu sebanyak itu, diakui diterima dari terdakwa Ketel, dengan sistem laku bayar. Sebelumnya, Junaedi menerima 1 gram sabu dan dibagi menjadi beberapa paket.

Lalu Junaedi menyetorkan uang Rp850 ribu, kepada Ketel dan minta 1 gram lagi. Sabu habis terjual dan sisa 4 paket saat ditangkap polisi. Berdasarkan pengakuan Junaedi, Ketel pun ditangkap di rumahnya.

Tak bisa mengelak lagi, ketika keduanya dipertemukan, dan terdakwa Ketel membenarkan, telah memberikan sabu untuk dijual oleh Junaedi yang mengaku tidak ada kerja. Sabu tersebut, diakui Ketel, diterima dari terdakwa Capcai, di rumahnya, di Simpang keramat Kuba. Sedangkan Ketel, memberikan sabu kepada Junaedi, di Pasar Perlanaan.

Capcai sempat bersembunyi selama 4 hari karena mendengar Junaedi dan Ketel, ditangkap petugas. Tapi Capcai, akhirnya berhasil ditangkap, di rumahnya saat pulang dan mau ganti pakaian.

Menurut Capcai, sabu tersebut dibeli dari Tunggal (DPO) dan dijual kepada Junaedi dan Ketel.

Perbuatan para terdakwa, dijerat jaksa dalam pasal 114 ayat (1)  atau pasal 112 (1) jo pasal 132 (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Para terdakwa dalam persidangan, didampingi pengacara, Sintong Sihombing dari Posbakum PN Simalungun, membenarkan dakwaan jaksa dan tidak mengajukan eksepsi. Untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, ketua majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution, menunda persidangan selama sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.