HETANEWS.COM

Dalam Seminggu, Lapas Kelas IIA Siantar Harus Keluarkan 240 Napi

41 narapidana saat duduk di lantai Lapas Kelas IIA Kota Siantar, dan dipantau Humas Lapas, Hiras Silalahi. (foto/res)

Simalungun, hetanews.com - Setelah mengeluarkan 26 narapidana (Napi), hari ini, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar, kembali mengeluarkan sebanyak 41 napi yang telah menerima asimilasi dengan menjalani sisa masa hukuman di rumah, Kamis (2/4/2020), sekira pukul 11.30 WIB.

Asimilasi yang diberikan ini sesuai dengan surat keputusan Kemenkumham No 10 tahun 2020 tentang pencegahan pandemi virus corona atau Covid-19.

Kalapas Kelas IIA,  Porman Siregar mengatakan, bahwa dalam waktu seminggu, mereka harus mengeluarkan sebanyak 240 orang napi yang sudah menjalani 2/3 dari masa hukuman, di bawah 4 tahun, serta berkelakuan baik.

"Mereka ini (Napi) yang kita keluarkan tidak boleh kemana-mana, karena mereka bukan bebas. Kalau Asimiliasi ini diberikan kepada mereka setengah masa pidana dan dilaksanakan di rumah, berkaitan dengan penyakit Covid-19 ini," ucap Porman saat berada di Lapas Kelas IIA yang berada di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Ini kita lakukan sampai 7 hari kedepan, karena kita dituntut oleh Pak Menteri, harus bekerja siang malam untuk mengejar yang 7 hari ini, agar bisa kita keluarkan sebanyak 240 orang napi, ujarnya.

Porman juga menegaskan kepada seluruh napi yang mendapat asimiliasi, agar tetap berada didalam rumah, dan diingatkan tidak melakukan tindak pidana kejahatan.

"Karena pengawas kita akan tetap melakukan pengecekan ke rumah, apabila kedapatan keluar dari rumah dan kumpul di tempat keramaian, asimiliasi yang kita berikan akan langsung kita tarik kembali. Dan mereka bukan bebas, hanya amisilasi dengan menjalani sisa hukuman, di rumah, sampai surat pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas terbit," akhirnya sembari meninggalkan awak media.

Penulis: res. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan