Medan, hetanews.com - Seorang medis perempuan di Medan, Sumatera Utara terinfeksi virus corona. Medis positif virus corona itu bekerja di Rumah Sakit Bunda Thamrin, Medan, Sumatera Utara.

Dia dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan melalui rapid test virus corona, Rabu (1/4/2020) kemarin.

"Dari hasil 'rapid test', perawat berjenis kelamin perempuan ini positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah saat dikonfirmasi, Rabu siang.

Ia menjelaskan perawat tersebut diduga terpapar dari seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang berdasarkan hasil pemeriksaan melalui rapid test dinyatakan positif virus corona. Kemudian meninggal dunia dia di rumah sakit tersebut pada Selasa (31/3/2020) kemarin.

PDP yang meninggal dunia itu merupakan pegawai honorer di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut berinisial MHC (35).

"Bisa jadi terpapar dari PDP semalam," katanya.

Mengantisipasi penyebaran virus corona, pihak Dinas Kesehatan sedang melakukan pelacakan (tracing) terhadap orang yang kontak erat dengan PDP yang meninggal dan perawat tersebut.

"Daftarnya sudah masuk ke kita, saat ini sedang kita 'tracing'. Sejauh ini masih satu perawat yang positif COVID-19 di RS Bunda Thamrin dari hasil 'rapid test'," tutup Aris Yudhariansyah. 

Sumber: suara.com