HETANEWS

Update Corona di Sumut: 26 Orang Positif, 70 PDP, dan 2.934 ODP

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah. Foto: SumutNews

Medan, hetanews.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut menyampaikan, kasus pasien positif di Sumut mengalami peningkatan. Hingga Selasa (31/3/2020), ada 26 orang pasien dinyatakan positif. Jumlah ini mengalami kenaikan dari sebelumnya 20 pasien.

"Data pasien positif mengalami kenaikan 23 persen. 5 orang dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan cepat (rapid test)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah, dalam keterangan resmi yang disiarkan akun YouTube Humas Sumut, Selasa sore (31/3/2020). Aris mengatakan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 70 orang.

"Untuk PDP mengalami penurunan 8,5 persen dari hari Senin (30/3) pukul 17.00 WIB," ujarnya.

Sementara itu, katanya, orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 2.934 dari sebelumnya berjumlah 2.909.

"Dari data diatas bahwa ODP yang melapor mengalami peningkatan 0,8 persen," cetusnya.

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menaikkan status dari Siaga Darurat Bencana Non-Alam menjadi Tanggap Darurat untuk menekan COVID-19.

"Kenaikan status ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Yang paling utama adalah adanya kenaikan eskalasi orang terjangkit virus COVID-19, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat, tepat, fokus dan terpadu," ungkapnya.

Kenaikan status bencana menjadi tanggap darurat juga berdasarkan keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana nomor 13 A tahun 2020, tentang perpanjangan status tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia.

"Penetapan status Tanggap Darurat sejak tanggal 31 Maret hingga 29 Mei 2020," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.