HETANEWS

DPR Singgung Polisi Membentak Saat Bubarkan Kerumunan, Kapolri: Saya Ingatkan

Kapolri Jenderal Idham Azis

Jakarta, hetanews.com - Dalam rapat kerja bersama Kapolri Jenderal Idham Azis, Komisi III DPR menyinggung viral polisi membentak-bentak warga saat membubarkan kerumunan di tengah pandemi Corona. Idham Azis menjawab sikap anggotanya itu.

Hal itu disampaikan oleh Idham saat rapat kerja bersama dengan Komisi III DPR RI melalui teleconference di akun YouTube DPR RI, Selasa (31/3/2020). Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi III Herman Hery.

Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir mempertanyakan standar operasional prosedur Polri dalam membubarkan kerumunan warga saat pendami Corona. Adies mengatakan masih ada personel Polri yang membentak saat membubarkan warga.

"Termasuk juga SOP yang ketiga SOP dari kepolisian dalam menjalankan hal ini di lapangan. Karena kami melihat ada beberapa daerah yang sudah disampaikan Pak Kapolri tadi itu sangat baik betul-betul persuasif pendekatannya. Tetapi juga kami melihat di viral masih ada juga Polri yang membentak-bentak itu," kata Adies.

Adies menginginkan Polri dalam tugasnya tetap persuasif membubarkan warga yang berkumpul pandemi Corona. Namun tetap tegas.

"Jadi kami ingin satu betul-betul tegas tetapi juga memperhatikan persuasifnya terhadap masyarakat yang melakukan kumpul-kumpul tersebut," ujar Adies.

Idham lalu menjawab cecaran Adies. Idham mengatakan telah memberi arahan kepada kepala satuan wilayah dalam membubarkan kerumunan warga.

"Kemudian keberagaman SOP saya pikir di dalam maklumat maupun TR-TR arahan saya telah memberikan satu petunjuk dan acuan kepada para kasatwil bahwa kita harus memulai dengan kegiatan pre-emtif, kemudian prefentif, upaya represif sekali lagi upaya yang kita lakukan melalui jalan terakhir upaya represif," ucap Idham.

Idham mengakui memang ada sejumlah personel Polri di wilayah yang kurang pas dalam membubarkan warga. Dia mengatakan akan mengingatkan personel Polri agar lebih humanis terhadap warga.

"Ya kalau memang ada beberapa di wilayah yang masih kurang-kurang pas kemarin yang viral tiap hari kita juga aneh, kita ingatkan sama anggota kita untuk selalu melakukan yang terbaik dan lebih humanis lagi sehingga ke depannya tentu di dalam memberikan pelayanan Polri lebih baik lagi," kata Idham.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.