HETANEWS.COM

Daftar Kota Indonesia yang Terapkan Lockdown

Petugas melakukan pengalihan jalur saat penutupan sebagian jalan protokol di Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin malam, 22 Maret 2020. Foto: ANTARA/Oky Lukmansya

Hetanews.com - Hingga Senin (30/3/2020), banyak daerah yang telah memutuskan karantina wilayah maupun sekadar membatasi aktivitas di wilayah mereka, terutama untuk kegiatan wisata, sekolah, perkantoran, dan perhelatan umum.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga kini belum menyatakan rencana untuk menerapkan karantina wilayah maupun penguncian wilayah (lockdown). Namun, banyak pemerintah daerah telah menerapkan kebijakan berbeda.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memperpanjang masa darurat bencana pandemi COVID-19 hingga 29 Mei 2020. Wilayah yang hendak menetapkan partial lockdown pun diminta berkoordinasi dengan pusat lebih dulu.

Hingga Senin (30/3/2020), banyak daerah yang telah memutuskan karantina wilayah maupun sekadar membatasi aktivitas di wilayah mereka, terutama untuk kegiatan wisata, sekolah, perkantoran, dan perhelatan umum.

Dinas Perhubungan dan Kepolisian Kota Tegal menyiapkan penutupan akses jalan di Kota Tegal terkait kebijakan karantina wilayah.
Foto: Jatengdaily.com/wing
Petugas melakukan pengalihan jalur saat penutupan sebagian jalan protokol di Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin malam, 22 Maret 2020. 
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

Tegal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memutuskan untuk memberlakukan local lockdown dengan menutup akses masuk ke Tegal mulai Senin (30/3/2020) hingga 31 Juli 2020, menyusul salah seorang warga positif terinfeksi penyakit COVID-19.

“Warga harus bisa memahami kebijakan yang saya ambil. Saya pribadi dilematis. Kalau saya bisa memilih, lebih baik saya dibenci warga daripada maut menjemput mereka,” tutur Dedy pada Rabu (25/3/2020).

Dedy juga meminta kepada warganya yang tengah merantau untuk tidak mudik ke kampung halaman selama lebaran tahun ini. Untuk itu, Pemerintah Kota Tegal telah menyiapkan anggaran kebencanaan sebesar 2 Miliar rupiah yang kelak akan digunakan untuk warga miskin yang terdampak.

Beberapa akses masuk ke Kota Tegal akan ditutup menggunakan water barrier, tetapi jalan provinsi dan jalan nasional masih akan tetap dibuka.

Petugas Bandar Udara Internasional Sentani di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menutup pagar sebagai tanda aktivitas di lokasi tersebut dihentikan untuk mencegah penyebaran virus corona baru, Papua, Kamis, 26 Maret 2020.
Foto: Kompas.com/Dhias Suwandi

Papua

Pemerintah Provinsi Papua sedang mempertimbangkan opsi local lockdown atau karantina wilayah setelah dua orang warganya dinyatakan positif COVID-19 pada Minggu (22/3/2020) lalu.

Pertimbangan itu disampaikan langsung oleh Gubernur Lukas Enembe setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua di Jayapura pada Jumat (20/3/2020).

“Kelihatannya virus ini sudah ada di Papua, sehingga pemerintah harus memutuskan yang terbaik bagi rakyatnya. Intinya kita uji coba dulu selama 14 hari, kemudian kelanjutannya kita akan putuskan yang terbaik setelah saya juga melakukan pertemuan dengan para Bupati dan Wali Kota.”

Papua terlebih dahulu telah menutup pintu masuk utamanya yaitu Bandar Udara Internasional Sentani sejak Kamis (26/3/2020) hingga 9 April 2020. Kebijakan itu merupakan keputusan bersama antara Forkompinda Provinsi Papua dengan para bupati dan wali kota se-Papua.

“Bandara tidak beroperasi sampai 9 April 2020, kecuali angkutan barang yang mengangkut logistik, pengangkutan pasien dalam keadaan emergency, sampel swab, itu mendapat kekhususan,” tegas Kapolres Jayapura AKBP Victor Makbon.

Pemerintah Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menerapkan local lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru, Sabtu, 28 Maret 2020.
Foto: Kompas.com/Dokumentasi Pemdes Gunungwuled
Posko relawan gugus tugas COVID-19 Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Foto: Dokumentasi Pemdes Gunungwuled

Purbalingga

Pemerintah daerah setempat mengerahkan Tim Crisis Center COVID-19 Kota Tasikmalaya menggunakan APD berupa jas hujan plastik menyemprotkan cairan disinfektan di berbagai tempat seperti Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu, 18 Maret 2020. (Foto: Antara Foto/Adeng Bustomi)

Tasikmalaya

Pemerintah Kota Tasikmalaya di Jawa Barat akan menerapkan local lockdown mulai Selasa, 31 Maret 2020 sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona baru. Karantina wilayah itu bertujuan membatasi mobilitas keluar-masuk kota tersebut.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengaku sedang menyiapkan teknis pelaksanaan kebijakan tersebut menyusul lima kasus positif di wilayahnya.

Semua jenis transportasi, darat, udara, dan laut kelak akan dilarang masuk ke Tasikmalaya, kecuali kendaraan yang mengangkut kebutuhan bahan pokok. Pemkot Tasikmalaya juga telah berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk membantu menegakkan local lockdown di wilayahnya.

Petugas Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan menyusun water barrier di ruas Jalan Djamin Ginting-Dr. Mansyur pada Sabtu pagi, 28 Maret 2020. Sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan ditutup untuk membatasi mobilisasi masyarakat ke dalam kota. Kemungkinan besar akan ada penambahan ruas jalan lainnya yang akan ditutup.
Foto: Istimewa
Seorang warga bersepeda melintasi jalan protokol Kota Tegal yang sudah dibatasi dengan water barrier, Sabtu, 28 Maret 2020.
Foto: Kompas.com/Tresno Setiadi

Sejumlah kota dan wilayah lainnya di Indonesia seperti Banda Aceh, Medan, Solo, Maluku, hingga Bali telah mempertimbangkan penerapan karantina wilayah sebagian atau partial lockdown demi membendung penyebaran virus corona baru.

Sumber: matamatapolitik.com

Editor: tom.