HETANEWS

Social Distancing, Kejari Siantar Mulai Sidangkan Perkara Pidana dengan Online

Situasi sidang online Kejari Siantar, di PN Siantar, melalui vidcon. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari0 Pematangsiantar, mulai menyidangkan perkara secara online, melalui vidcon (video teleconfrens), di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Senin (30/3/2020).

Persidangan yang digelar secara online, sesuai petunjuk Jaksa Agung, dalam surat edarannya tentang himbauan sosial distancing, mendukung pemerintah dalam antisipasi penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19).

Demikian dikatakan Kajari Pematangsiantar, H Batubara, melalui Kepala Seksi Bidang Intelijen (Kasi Intel),  Bas Faomasi Jaya Laia SH MM, kepada wartawan, Senin siang, di kantornya. 

Sesuai jadwal hari ini, hanya 2 berkas perkara yang disidangkan, dengan agenda persidangan mendengarkan keterangan terdakwa.

Menurut Bas, persidangan secara online menggunakan vidcon akan digelar selama diberlakukan social distancing.

"Sidang secara online akan disidangkan, seperti ini sampai batas waktu yang belum ditentukan, sesuai instruksi pemerintah melalui jaksa agung, guna antisipasi penyebaran Covid-19,"jelas Bas.

Dengan tekhnis persidangan seperti ini, diharapkan, kita dapat segera memutus mata rantai penyebaran pandemic global ini. Karena para terdakwa yang akan disidangkan tidak perlu dibawa keluar dari Lapas, dan jaksa para hakim juga dapat menjalankan persidangan tanpa harus membuat kerumunan, jelasnya.

Dia berharap, masalah pandemic virus ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali menjalankan aktifitas sebagaimana mestinya, seperti sedia kala.

Meski kita diarahkan untuk tetap tinggal di rumah, tapi kami sebagai jaksa penuntut umum, tetap harus bekerja dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja dan menghindari kerumunan, ujarnya.

Penulis: ay. Editor: gun.