HETANEWS.COM

Mulai Hari Ini, PN Siantar Sidang Pidana dengan Teleconference

Ruang sidang Kartika PN Siantar yang akan digunakan untuk persidangan jarak jauh atau teleconference. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Merebaknya Virus Corona atau Covid-19, hingga pelosok belahan dunia, membuat semua pihak jadi was-was. Bahkan masyarakat diminta tidak berkumpul – kumpul atau menghindari keramaian.

Hingga pada akhirnya beberapa instansi pemerintahan, seperti Pengadilan Negeri (PN) Siantar, lakukan persidangan perkara pidana dengan teleconference. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Dan hal ini dilakukan, juga menindak lanjuti disposisi Ketua Mahkamah Agung, tertanggal 26 Maret 2020 lalu.

"Dengan ini, kami sampaikan kepada bapak/ibu pimpinan pengadilan, bahwa selama masa darurat wabah Virus Corona, maka persidangan perkara pidana, dilakukan jarak jauh atau telekonferensi," ucap Humas PN Siantar, Simon C Sitorus, sembari membacakan surat dari MA, Senin (30/3/2020), sekira pukul 13.00 WIB.

Untuk pelaksanaan lebih lanjut, agar melakukan kordinasi dengan Kejaksaan Negeri dan Rutan/Lapas terkait, dengan tetap memperhatikan ketentuan Undang - undang yang berlaku, katanya.

Ketika ditanya tentang surat yang dikeluarkan oleh MA, Simon mengatakan, bahwa pihaknya siap untuk melakukan persidangan jarak jauh.

"Setelah keluar surat dari MA, PN Pematangsiantar siap mengadakan persidangan jarak jauh atau telekonferensi, sesuai dengan surat Dirjen Badilum dan itu harus kita laksanakan. Kita juga sudah kordinasi dengan pihak Kejaksaan, terkait hal ini," ujarnya.

Namun saat ditanya hingga kapan diberlakukan telekonferensi tersebut, ia menyampaikan, sampai sosial distancing tidak berlaku lagi.

"Dan sidang kita lakukan di ruang sidang Kartika, sedangkan terdakwa berada di Lapas atau di Rutan,"akhirnya.

Penulis: res. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!